Rosyida, Vina Nur (2014) Penerapan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib siswa kelas vii di MTS Sumber Mas, Rombiya Barat Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110260.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana guru merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan metode mengajar tentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai dan efektif dalam penerapannya. Media mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang digunakan oleh guru/pendidik. Mengingat begitu pentingnya pembelajaran fiqih khususnya bab ibadah shalat wajib, masih banyak kelemahan siswa dan pemahaman praktek. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media yang sesuai dengan materi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media gambar. Media gambar merupakan media visual yang penting dan mudah didapat sebab media gambar dapat mengganti kata verbal, mengkonkritkan sesuatu yang abstrak, dan mengatasi pengamatan manusia. Penelitian dilaksanakan di MTs Sumber Mas Desa Rombiya Barat Kabupaten Sumenep, Obyek penelitiannya di Kelas VII. Untuk mengatasi masalah di atas peneliti merumuskan tujuan, 1) Mengetahui perencanaan pembelajaran menggunakan media gambar dalam peningkatkan keterampilan ibadah shalat wajib pada kelas VII MTs Sumber Mas, 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib pada kelas VII MTs Sumber Mas, 3) Mengetahui hasil dari pelaksanaan dengan menggunakan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib pada kelas VII MTs Sumber Mas. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian mata pelajaran Fiqih dengan batasan penerapan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib. Tahap penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui penerapan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib pada kelas VII MTs Sumber Mas. Sebelum tindakan peneliti melakukan pre tes terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui situasi dan kemampuan siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus tiap siklus dua kali pertemuan jadi jumlah pertemuan yaitu enam kali pertemuan. Hasil dari penelitan tindakan memperoleh nilai yang lebih baik dari pada pre tes. Adapun hasil prosentase pre tes (21,6 %), pemahaman terhadap materi (27,0 %), pemahaman materi dengan menggunakan media gambar dan prakteknya (62,1 %), mendemonstrasikan (86,4 %).
ENGLISH:
Education and teaching is a fairly complex problem in which a teacher is a very important component in the learning activities. The selection of methods of teaching certainly will affect the type of media appropriate teaching and effective in its application. Media teaching is a knowledge of teaching methods used by teachers/educators. Giving the importance of learning fiqih, especially chapters obligatory prayers, there are still many weaknesses of students and understanding of the practice. To solve the problem required the media to suit the material. Therefore, researchers using image media. Image media is a visual medium that is important and easily obtainable because images media can replace verbal word, concreting something abstraction, and addressing human observation. The experiment was conducted in MTS Sumber Mas Village West Rombiya Sumenep, research Objects in Class VII. To overcome the above problems we propose goals, 1) Knowing lesson plans using images media in skills enhancement shalt worship obligatory on Seventh Grade MTs Sumber Mas, 2) Determining the implementation of learning using media images in skills enhancement obligatory prayers in class VII MTs Sumber Mas, 3) Determining the result of the execution by using media images in improving the skills of the obligatory prayers in class VII MTs Sumber Mas. Approaches and types of research used in this study uses a qualitative descriptive approach and classroom action research (CAR). The research subjects limits the application of jurisprudence with images medium in skills enhancement obligatory prayers. Phase of the study include: planning, implementation, observation and reflection. To determine the application of media images in skills enhancement obligatory prayers in class VII MTs Sumber Mas. Before doing research actions per test first in order to determine the situation and abilities of students. The study consisted of three cycles, each cycle two meetings so that is six times the number of meetings meetings. The results of the research act of obtaining better value than the pre-test. The percentage of pre-test results (21.6 %), understanding of the material (27.0 %), understanding of the material by using the image medium and practice (62.1 %), demonstrating (86.4 %).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Grafis; Peningkatan Keterampilan; Shalat; Graphic Media; Improving Skills; Prayer | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8870 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |