Strategi guru pendidikan agama Islam dalaM menanggulangi kenakalan remaja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Batu

Fadlillah, Ahmad Nur (2014) Strategi guru pendidikan agama Islam dalaM menanggulangi kenakalan remaja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09110082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Masalah kenakalan remaja yang muncul di tengah-tengah masyarakat berkembang dan hidup serta membawa akibat-akibat tersendiri sepanjang masa yang sulit dicari ujung pangkalnya sebab pada kenyataanya kenakalan remaja telah merusak nilai-nilai agama, serta merusak nilai-nilai hokum. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Batu.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMKN 01 Batu, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di SMKN 01 Batu dan strategi yang digunakan guru PAI dalam menangani kenakalan remaja di SMKN 01 Batu.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasannya bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terjadi di SMKN 01 Batu antara lain pertama kenakalan ringan berupa tidak masuk sekolah tanpa keterangan, terlambat, merokok, tidak mengerjakan tugas/pekerjaan rumah, mengaktifkan HP pada saat KBM, tidak memakai atribut lengkap, tidak patut pada guru kedua kenakalan berat berupa berkelahi dan menikah. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja ada 3 sebab yaitu: pertama lingkungan keluarga diantaranya disharmonisasi keluarga dan broken home, kurang kasih sayang orang tua, masalah ekonomi keluarga. Kedua lingkungan sekolah yaitu kondisi siswa disekolah yang kurang mendukung, misalnya dari teman bergaulnya. Ketiga lingkungan masyarakat adalah lingkungan yang terluas bagi remaja dan adanya kemajuan teknologi yang disalahgunakan. Strategi guru PAI dalam menanggulangi kenaklan remaja di SMK Negeri 01 Batu yaitu: Pertama, Setrategi Preventif (pencegahan) seperti mengadakan kegiatan keagamaan, menjalin kerjasama antara sekolah dengan orang tua siswa, hubungan guru dengan murid. Kedua setrategi kuratif (penyembuhan) seperti mengadakan pendekatan langsung kepada siswa yang bermasalah (bimbingan pribadi), menekankan pembinaan moral.

ENGLISH:

Juvenile delinquency problems that arise in the midst of life as well as society develop and carries its own consequences elusive of all time because in fact the tip base juvenile delinquency has ruined religious values, as well as undermine the values of law. It starts from the background that the author wants to discuss it later in the thesis and taking the title of Islamic Education Teachers Strategies in Addressing Delinquency In Vocational High School 1 Batu.

The purpose of this study is to determine the forms of juvenile delinquency at Vocational High School 1 Batu, the factors that cause juvenile delinquency at that school and strategies used by Islamic Education Department teachers in dealing with juvenile delinquency Vocational High School 1 Batu.

The research is descriptive qualitative research. In the course of collecting the data, the author use the method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques. In addition, to support the description of the actual situation existing in the field, here the authors include documentation as a complement and reinforcement of research data.

The results of research by the author that forms of juvenile delinquency occurred at Vocational High School 1 Batu, for the first delinquency is absent from school without explanation, too late, smoking, not doing assignments / homework, set Handphone at the time of teaching, do not wear the full attribute, disobey the teacher’s rule. The Second is heavy fighting delinquency and married. There are three factors that lead to juvenile delinquency : first the family environment include family disharmony and broken home, lack of parental affection, family economic problems. Second, school environment in which conditions are less supportive for students, for example from a friend associate. These three communities are the largest environment for youth and the advancement of technology was misused. Islamic Education Departmen teacher strategies in tackling the adolescent at Vocational are; First, preventive strategies (prevention) such as conducting religious activities, cooperation between schools with parents, teachers and students relationship. Second, curative strategies (healing) as a direct approach to the students who have problems (personal guidance), emphasizing moral development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Remaja; Strategy; Islamic Education Teachers; Juvenile Delinquency
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:41
Last Modified: 12 Jan 2018 08:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8868

Actions (login required)

View Item View Item