Hidayat, Imam Wahyu (2014) Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pasca program sertifikasi di MTS Al-Ihsan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110242.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kompetensi Guru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru, sehingga menjadikan guru pendidikan agama Islam tidak hanya professional tetapi berkompeten dalam bidangnya. Program sertifikasi guru ditunjukkan untuk memberikan lisensi bahwa guru yang bersangkutan sudah baik dan layak untuk melakukan proses belajar mengajar karena dianggap telah memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam pasca program sertifikasi di MTs Al-Ihsan Jombang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru agama Islam Pasca Program Sertifikasi Guru di Mts Al-Ihsan meliputi: (1) menyusun perangkat pembelajaran, seperti penyusunan silabus, RPP, prata, promes dan penguasaan materi pelajaran; (2) melaksanakan proses belajar, seperti menciptakan pembelajaran yang efektif, menggunakan metode yang bervariasi dan alat peraga dalam pembelajaran, namun dalam penggunaan teknologi pembelajaran belum berjalan dengan maksimal; dan (3) melaksanakan penilaian, meliputi: penilaian berbentuk tes formatik, program pengayaan dan remedial. Sedangkan kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Program Sertifikasi Guru di Mts Al-Ihsan yaitu: (1) membentuk kepribadian siswa dengan menunjukan kedisiplinan, dan (2) menunjukan sikap yang arif dan bijaksana dalam menanggapi kritik maupun perbedaaan pendapat dan tidak diskriminatif serta luwes dalam bertindak.
ENGLISH:
Teacher competence is one of the efforts to improve teacher quality , making Islamic religious education teachers are not only professional but are competent in their field . Teacher certification programs are shown to provide a license that the teacher is good and proper to implement the learning process because they have to have the qualifications and competency. The purpose of this study is the authors wanted to know pedagogical competence and personal competence post- Islamic religious education teacher certification program at MTs Al - Ihsan Jombang. This study is included in the category of research that uses descriptive qualitative method with a naturalistic approach. The technique used in data collection methods of observation , interviews , documentation methods . The data analysis techniques used in this research is descriptive - qualitative analysis techniques. The results of this research is that the pedagogical competence of teachers of Islam Post- Master's Certification Program in Mts Al - Ihsan include : ( 1 ) develop learning tools, such as the preparation of syllabi, lesson plans, prata, promissory notes and mastery subject matter; (2 ) implement the learning process, such as creating effective learning , using a variety of methods and props in learning, but in the use of learning technologies has not run with the maximum, and ( 3 ) carry out the assessment, include: assessment tests formatik shaped, enrichment and remedial programs. While competence Personality Islamic Education Teachers Teacher Certification Program in Post MTs Al-Ihsan namely: (1) forming the personality of the students by showing discipline , and (2) show that the wise and prudent attitude in response to criticism and differences of opinion and are not discriminatory and are flexible in acting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru; Program Sertifikasi; Teacher Competency; Certification Program | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8865 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |