Rohibah, Atik (2014) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an melalui pembelajaran multimedia di MI Nurul Huda Semarum. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110221.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi para siswa kurang minat dalam belajar membaca Al-Qur’an (2). Upaya apa sajakah yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an melalui pembelajaran berbasis multimedia berbasis audio visual. (3). Apakah penggunaan multimedia berbasis audio visual dapat meningkatkan minat baca Al-Qur’an bagi siswa di MI Nurul Huda Semarum Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas V semester 2, di MI Nurul Huda Semarum. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi PAI yang belum memanfaatkan media audio visual. Sebelum peneliti menerapkan penggunaan media audio visual ini pada proses pembelajaran, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi pra siklus dengan mengamati guru mitra mengajar.yaitu dengan diperoleh rata-rata kemampuan siswa 37% dari 60%. Melalui angket dan observasi sebagai instrument penelitian sebagaimana yang dilakukan pada pelaksanaan pra siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam mencapai tujuan di atas mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada tahap siklus I rata-rata nilai tes meningkat menjadi 74% atau lebih dari 60%. Selanjutnya, pada siklus II terlihat bahwa kemampuan menulis bacaan Alif lam Qomariyyah dan Alif lam Syamsiyah mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.
ENGLISH:
This study aimed to determine : ( 1 ) What factors are affecting the students lack an interest in learning to read the Quran ( 2 ) . What efforts do teachers of Islamic education in improving the reading of the Qur'an through the multimediabased learning-based audio-visual. (3). Is the use of audio-visual based multimedia can increase reading the Qur'an for students in MI Nurul Huda Semarum This study uses action research (Clasroom action research) in the fifth grade students 2nd semester , in MI Nurul Huda Semarum . From the results of direct observation in class V prasiklus through action research can be known methods used by teachers of PAI that have not made use of audio -visual media. Before researchers employ the use of audio- visual media in the learning process, researchers must first observation cycle by observing pre mengajar.yaitu partners with teachers earned an average of 37 % of the student 's ability 60 %. Through questionnaires and observation as a research instrument, as was done in the pre- implementation cycle , it can be concluded that the use of audiovisual media in achieving the above goal increased. It can be seen on the stage of the first cycle of the average test scores increased to 74 % or more than 60%. Subsequently , in the second cycle shows that the ability of writing and reading Alif Alif lam lam Qomariyyah Syamsiyah has increased significantly. Results of research conducted by the researchers proved that there is an increase in activity and learning outcomes of students in the following study using audio-visual media. Based on the results of this study are expected to be material information and input for the academic community, the students, the teachers and hopefully can make a small contribution to the world of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru; Meningkatkan Minat Baca; Pembelajaran Multimedia; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 13:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8862 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |