Hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian sosial pada remaja di kelas II SMP Muhammadiyah 1 Malang

Fitriah, Aziza (2007) Hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian sosial pada remaja di kelas II SMP Muhammadiyah 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02410094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (960kB)

Abstract

INDONESIA:

Remaja salah satu dari fase perkembangan manusia yang sangat penting, karena pada fase ini seorang manusia mengalami berbagai macam perubahan, dari segi fisik maupun psikis. Oleh karena itu pada fase ini remaja harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk menjadi seorang makhluk sosial yang sempurna. Kepercayaan diri yang baik pada rremaja akan memudahkan mereka untuk melakukan proses penyesuaian sosial. Dengan penyesuaian sosial yang baik maka remaja akan mampu bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan disekitarnya, dan remaja akan mudah untuk mengeksplor kemampuan yang ada di diri mereka. Kepercayaan diri merupakan keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Dengan memiliki kepercayaan diri yang baik individu dapat berperilaku sesuai dengan yang diharapkan, berani menghadapi berbagai tantangan dengan optimis, dan mau melibatkan diri kelingkungan yang lebih luas tanpa membutuhkan dorongan dari orang lain. Penyesuaian sosial merupakan proses individu untuk dapat diterima di lingkungan sosialnya.

Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri pada remaja, untuk mengetahui tingkat penyesuaian sosial pada remaja dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel, adapun dua variabel tersebut adalah, variabel bebas: Kepercayaan Diri; variabel terikat: Penyesuaian Sosial.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif(non-eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Dengan jumlah sampel 60 siswa kelas II SMP Muhammadiyah 1 Malang. Dan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket Likert Scale, sedang analisa data menggunakan analisa prosentasi dengan rumus Standar deviasi dan analisa Korelasi Product Moment Karl Pearson.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa kepercayaan diri berada dalam kategori tinggi ada 10 siswa atau 16,67%, kategori sedang ada 40 siswa atau 66,66%, dan kategori rendah ada 10 siswa atau 16,67%. Sedangkan untuk penyesuaian sosial yang berada di kategori tinggi ada 8 siswa atau 13,33%, kategori sedang ada 41 siswa atau 68,33%, dan kategori rendah ada 11 siswa atau 18,34%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diperoleh data bahwa antara kepercayaan diri dengan penyesuaian sosial ada hubungan yang signifikan rxy = 0,467; sig = 0,000<0,05. Hal ini sesuai dengan data yang telah diperoleh dari program SPSS 11.05 for windows, menyatakan bahwa r tabel 0,254 dan r xy (r hit) 0,467, Dikatakan signifikan apabila r xy = 0,467 > r tabel = 0,254. Dengan kata lain semakin tinggi kepercayaan diri remaja maka semakin mudah pula remaja melakukan penyesuaian sosial terhadap lingkungan sosial disekitar mereka.

ENGLISH:

Adolescent is one of an urgent phases of human growth, because in this phase, a man experiences many variances of alteration physically and psychologically. Therefore, an adolescent, in this phase, must be prepared to be the perfect social creature. Having a good self-confidence makes them easier to do social adaptation process. With a good social adaptation, they can interact kindly in their environment, and they are easy to explore their skill beneath. Self-confidence is a conviction to self-ability to reach the success of life. Having a good self-confidence, individual has a certain behavior he expected, has courageous to face every challenges with optimism, and associates to the surroundings widely without others’ motivation. Social adaptation is an individual process in order to be admitted in his social situation.

The aim to this research is knowing the stage of adolescent’s self-confidence, knowing the level of adolescent’s social adaptation and also understanding whether two variables has a relation or not? The two variables are independent variable: Self- Confidence and dependent variable: Social Adaptation.
The model of this research is quantitative research (non-experiment). This research is actualized in SMP Muhammadiyah 1 Malang with sixty students of class two of SMP Muhammadiyah 1 Malang as nominal sample. The maintaining data in this research is obtained by observation, interview, and documentation. For assembling data, we use Likert Scale questionnaire; while for data analysis, we use percentage analysis with formula Standard Deviation and Karl Pearson’s Product Moment Correlation analysis.

Based on the research’s result and discussion, we obtained that ten students has high category of self-confidence or 16,67%. For middle category we got forty students or 66,67% and ten student for lower category or 16,67%. Meanwhile, in social adaptation, we obtained eight students for high category or 13,33%, forty-one students for middle category or 68,33% and eleven students for lower category or 18,34%. And according to result of hypothesis’ treatment, the obtained data described that among self-confidence and social adaptation there was significant relationship rxy = 0,467; sig = 0,000<0.05. it is appropriate to data achieved from SPSS 11.05 program, that defined table r 0,254 and r xy (r hit) 0,467), it is significant if r xy = 0,467 > table r = 0,254. In other hand, the higher adolescent’s self confidence the easier they perform social adaptation in their social situation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djazuli, Djazuli
Keywords: Kepercayaan Diri; Penyesuaian Sosial; Remaja; Self-Confidence; Social Adaptation; Adolescent
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:26
Last Modified: 12 Jan 2018 09:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item