Pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi berprestasi siswa di MI Al-Fattah Curah Kalak Jangkar-Situbondo

Hanifah, Hasiyatul (2007) Pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi berprestasi siswa di MI Al-Fattah Curah Kalak Jangkar-Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02410089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (677kB)

Abstract

INDONESIA:

Ekonomi keluarga merupakan salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Sebaliknya siswa akan mempunyai motivasi berprestasi yang baik jika hal ini didukung oleh sarana dan prasarana belajar yang memadai. Oleh karena itu, ekonomi keluarga dan motivasi berprerstasi saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan kegitan belajar mengajar tidak terlepas dari beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Pada umumnya siswa-siswi yang selalu terdengar mempunyai motivasi berprestasi yang baik berasal dari kalangan tingkat ekonomi rendah, dengan berprestasi Ia dapat bersosialisasi dengan teman- temannya yang mempunyai tingkat ekonomi yang jauh lebih baik dari padanya, sehingga ia tidak merasa minder dengan status sosialnya. Hal itu bertolak belakang dengan realita yang terjadi pada siswa-siswi MI Al-Fattah, mayoritas siswa yang memiliki motivasi berprestasi baik adalah dari kalangan keluarga yang berekonomi tinggi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi berprestasi siswa MI Al-Fattah Curah Kalak Jangkar Situbondo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi berprestasi siswa. Berpijak pada rumusan masalah dan tujuan penulisan, peneliti mempunyai ketertarikan untuk menganalisa permasalahan tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk skripsi dengan judul Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MI Al- Fattah Curah Kalak Jangkar-Situbondo.

Penelitian ini juga didukung oleh teori Maslow, yang menyatakan bahwa kebutuhan yang berada pada hirarki paling bawah harus terpenuhi terlebih dahulu sebagai kebutuhan yang bersifat primer dan fital seperti makanan, rasa aman, cinta, dan pemeliharaan harga diri positif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara dan angket. Jumlah populasi 111 siswa, kemudian diambil sebagai sampel dengan menggunakan purposif sampel dengan mengambil 16 orang. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya yang ada dilapangan, berikut peneliti sertakan tabel-tabel sebagai pelengkap data.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa ada pengaruh yang positif atau signifikan (r hit =0,609 > rtab = 0,497) antara ekonomi keluarga dengan motivasi berprestasi. Pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi berprestasi sebesar (r2 x100) 37,1% berarti 62,9% nya merupakan faktor lain yang melatar belakangi timbulnya motivasi berprestasi. Setelah diketahui ada pengaruh yang signifikan antara ekonomi keluarga dengan motivasi berprestasi siswa, maka peneliti menyarankan atau mengharapkan diadakan penelitian lanjut dengan sampel yang lebih besar, dengan tujuan hasil yang akan diperoleh lebih maksimal.

ENGLISH:

Family economic is one the most important factor to increase the motivation of an achieve student. But, the student will be own good motivation of achieve while it supported by an available of learning tools. Therefore, both the family economic and the motivation of achieve is influences each other in learning process. Successful of learning activity is depend on some factors, both internal or external factors. Generally, it is always heard that the students who come from low economic has a good an achieve motivation , he/she is socialize with their friends who from high economic friendly than others, so that he is not shy with his social status. It different with what occurred in reality of MI Al- Fattah's students when the students who from a good motivation are from high economic family. The problem formula in this script ion is how the influence of Family Economic to the motivation of an achieve student of MI Al-Fattah Curah Kalak Jangkar-Situbondo.

And the aim of this research is to know how large is the influence of family economic to the motivation of an achieve students. Based on the formula and the aim of the problems, so the writer is interested in analyzing the problems and it will be implicated in scripts form entitle the influence of Family Economic to the motivation of an achieve student of MI Al-Fattah Curah Kalak Jangkar- Situbondo.

Also, the research is depend on Maslow theory, he urged that the needs which on bottom hierarchy is ought to be full filled in first time like other needs that are primer and vital such as foods, safety, love and keeping a positive privacy. This research is qualitative research. And to obtain the data, the writer has used interview and questioner method. The number of population is 111 students, then it was used as the sample by using purposif sampel with 6 persons. In other hand, the writer made tables as complement data to support an explanation from the real condition.

The result of this research can be delivered here that there was positive and significant influences ( r hit = 0,609 > rtab = 0,497) among family economic with an achieve motivation. The influence of family economic to an achieve motivation is (r2 x 100) 37,1% it means 62,9% is another factor that supported the appear of an achieve motivation. When it known that there are significant influences between family economy with the motivation of an achieve students, so the writer suggested or hoped to be hold the next research by the larger of sample, by the aim that the result of it will be more maximum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djazuli, Djazuli
Keywords: Ekonomi Keluarga; Motivasi Berprestasi; Family Economic; Motivation Of Achievement
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:26
Last Modified: 12 Jan 2018 09:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8851

Actions (login required)

View Item View Item