Peningkatan kedisiplinan melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Yaspuri Malang

A’la, Abidatul (2014) Peningkatan kedisiplinan melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Yaspuri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Disiplin merupakan hal yang sangat penting ditanamkan pada diri setiap individu, lebih-lebih kepada diri seseorang peserta didik. Tidak ada hal yang lebih penting dalam menejemen diri dibandingkan dengan disiplin. Selain pentingnya menemukan arah dan tujuan hidup yang jelas, disiplin juga merupakan syarat mutlak dalam mencapai misi hidup. Siswa harus dilatih untuk disiplin dalam mengembangkan diri dalam segala aspek, harus disiplin dalam mengelola waktu, harus disiplin dalam mengelola ketrampilan meraka dalam setiap bidang yang mereka pilih serta disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, serta disiplin dalam berinteraksi dengan Sang Kholiq maupun dengan makhuk sesamanya.

Nilai religius perlu ditanamkan pada diri anak, karena religi sendiri menyangkut konsep tentang ketuhanan, ibadah, dan moral. Semua itu bisa diberikan sejak dini sehingga nilai religi tersebut mampu membentuk pribadi anak dan dapat mengakar secara kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang kehidupannya.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yaspuri Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Yaspuri Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah; 1) untuk mengetahui realita kedisiplinan siswa di Mts Yaspuri Malang; 2) untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di Mts Yaspuri Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Interview, Dokumentasi dan Angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah kedisiplinan yang ada di MTs Yaspuri sudah baik, hal ini terbukti dari pengamatan peneliti dan wawancara. Sedangkan dalam upaya peningkatan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas, pihak sekolah mempunyai program atau kegiatan yang diarahkan pada persoalan di atas, yaitu; pembiasaan sholat dhuha, membaca Al Qur’an yang itu dilaksanakan sebelum kegiatan pelajaran dimulai. Selain itu juga ada kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler.

ENGLISH:

Discipline is very important thing to be invested, moreover for students or learners. Nothing is more important in self-management than discipline itself. Besides the importance of finding the direction and the purpose of life, discipline is also a prerequisite in achieving the life mission. Students must be trained to develop their self-discipline in all aspects, should be disciplined in managing time, and be disciplined in managing their skills in any field that they chose and discipline in carrying out duties and obligations, as well as discipline in the interaction with the Khaliq, Allah SWT, and with the creatures.

Religious values need to be encouraged in children, because religion itself involves the concept of divinity, worship, and morals. Those all can be given early so that the religious value of the children is able to form their personal character, and can be strongly rooted and have influence throughout his life.

This research was conducted in MTs Yaspuri Malang. The objective of the study is; to describe the general improvement of student discipline through the cultivation of the values of religiosity in MTs Yaspuri Malang. While the objectives specifically are; 1) to know the reality of student discipline in Mts Yaspuri Malang; 2) to know the students' efforts in improving discipline through the cultivation of religiosity values in MTs Yaspuri Malang.

The approach used in this study is descriptive qualitative. The author’s method of collecting data is using observation, interviews, documentation and Questionnaire. For the analysis, the researcher uses descriptive qualitative analysis techniques with depictions in the form of words or phrases that are split apart by category of research data in order to obtain a conclusion, a representation with words or sentences in inductive manner.

The results of this research are; the discipline that is occurred in MTs Yaspuri is running well, it is based on the observations of researchers and interviews done. In the other side, in an effort to increase student discipline through the cultivation of the values religiosity, the school has a program or activity that is directed to the above issues, namely; habitual Duha prayer, reading the Qur'an which was conducted prior to the lesson begins. Moreover, there are extracurricular activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Keywords: Kedisiplinan Siswa; Nilai-nilai Religiusitas; Students’ Discipline; Religious Values
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:41
Last Modified: 12 Jan 2018 08:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item