Insaniya, Anyes Lathifatul (2014) تكوين البيئة العربية في معهد الكوثر الإسلامي العصري للبنات بانيونجي. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10150053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT
Environment has a big role in acquiring language skill and a language environment is all of certain around the human and have relation in the language enhancement and development. The Arabic language environment is elements and factor which material or non material give influence for learning processing and make the student spirit for increase the Arabic language, and also support them to apply it in their daily activity, or what a students listen and look from environment influence and possibilitys which has strong connection whit the Arabic language to give them a success in their learning.
Formulation of the problem in this research is how the formation of Arabic language environment in the Islamic Boarding School Al-Kautsar for Girl Banyuwangi and what the boarding school efforts to make Arabic language environment. Reseach method used is descriptif qualitative approach. The instrument of data accumulation by observation, interview, and documentation.
The output from this reseach in Islamic Boarding School Al-Kautsar for Girl Banyuwangi is the good Arabic language environment coming from had master, director, supirvisor and teachers effort who stay inside boarding scholl and outside. And also that coming from participation of student to obidient the language role where they apply in their daily activity.
The linguistic activty in this boarding school thre are: conversation every morning, public speaking, giving motivision by supervisor, giving punishment for language offender, spy deployment who always control all students during ٢٤ hour, tell announcement in broadcast room and language contest every year (most of public speaking, woman ambassador, and active discussion).
ABSTRAK
Lingkungan memiliki peranan penting dalam pemerolehan bahasa. Lingkungan berbahasa yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar kita dan berhubungan dalam peningkatan dan perkembangan bahasa. Sedangkan lingkungan berbahasa Arab merupakan segala unsur dan faktor baik materi maupun non materi yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan menjadikan siswa semangat untuk meningkatkan bahasa Arab dan mendorong mereka untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, atau semua yang didengar dan dilihat oleh siswa dari pengaruh lingkungan dan kemungkinan-kemungkinan yang erat hubungannya dengan bahasa Arab serta dapat memberi pengaruh usahanya untuk mencapai kesuksesan dalam mempelajari bahasa Arab.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar Banyuwangi dan usaha-usaha apa sajakah yang dilakukan pondok untuk menciptakan lingkungan berbahasa Arab. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar Banyuwangi dan mengetahui usaha-usaha yang dilakukan pondok untuk menciptakan lingkungan berbahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrument pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar Banyuwangi adalah terbentuknya suatu lingkungan berbahasa Arab yang baik tidak lepas dari bimbingan musyrifah yang tinggal di dalam pesantren, adanya OSK, dan tersedianya fasilitas yang memadai serta partisipasi dari para santriwatin yang tat dengan peraturan untuk berbicara bahasa Arab. Dan usaha-usaha yang dilakukan pesantren dalam menciptakan suatu lingkungan berbahasa Arab yaitu dengan mengadakan kegiatan kebahsaan yang meliputi harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Adapun kegiatan kebahasaan yang paling memberi pengaruh dalam pembentukan lingkungan berbahasa Arab yaitu muhadatsah, pidato dan lomba kebahasaan (pidato akbar, duta keputrian, debat aktif). Seluruh santriwati wajib untuk mengikuti kegiatan kebahasaan yang telah ditentukan, dan bagi siapa yang tidak taat pada peraturan, akan dikenakan sanksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhari, Qomi Akit | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | البيئة العربية; معهد الكوثر الإسلامي العصري للبنات بانيونجي; Arabic Environment; Islamic Boarding School Al-Kautsar For Girl Banyuwangi; Lingkungan Berbahasa Arab; Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8828 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |