Yeniati, Ulfah (2014) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية لترقية مهارة الكتابة في مدرسة نهضة العلماء الإبتدائية كركسان فرابالنجا. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10150046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
Writing is a kind of integrated language creativity, displayed to result a ‘written’. It requires the complexity of techniques, which is presenting properly- writing methods. Considering that, writing takes a time-consuming process. Before coming into writing ability, students are to be introduced some basic Arabic alphabets, connecting them, and writing short sentences, due the fact those basic techniques will be fundamental aspects of improving subsequent writing skill.
In this research, there are found several problems faced by students in learning Arabic language in Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo, speaking of which students are lack in mastering the basic technique, mainly in arranging the alphabets. Another one is that media is none- ness of media presented in learning process. Hence, the researcher observed by utilizing Word Square media to develop writing ability. Research questions in the research are: 1) How is the usage of Word Square media to improve writing creativity (words writing) in Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo? 2) How is the effectiveness on usage of Word Square media to improve writing creativity in Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo?
Quantitative approach is used in this research, exhibiting experimental method consists of two groups, experiment group and non-experiment group. In the interim, the instrument used in collecting data are through some tests (pre-test and post-test), observation, interview, and documentation.
The result shows that: 1) Steps of learning by applying Word Square media, in which researcher elucidates subjects, followed by forming 5 groups; each group consists of 5-6 students. The researcher is then giving Word Media square for each group and command them to look up vocabularies depicted in the media. The alphabets found will be re-arranged to be complete words; the chosen student will write the words in the blackboard. If mistakes are found, other remaining groups will fix them, 2) The practice of Word Square media has been proven worthwhile to improve writing creativity in Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo. It is notably known from the result of the t-test, which indicates that t count is 5.57, bigger than that of t table (signified table) by 1%= 2.058, saying that H1 is accepted. In other words, this usage is highly-affective to improve writing ability, primarily writing words
ABSTRAK
Menulis adalah sebuah keterampilan berbahasa yang terpadu, yang ditunjukkan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut tulisan. Menulis memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks, kemampuan yang dibutuhkan antara lain menerapkan kaidah tulis-menulis secara baik. Kemampuan ini diperoleh lewat jalan yang panjang. Sebelum sampai pada tingkat kemampuan menulis harus dimulai dari pengenalan dan penulisan dari yang dasar seperti huruf-huruf hijaiyah, menyusun huruf, menulis kata-kata dan menulis kalimat, karena pengetahuan dan kemampaun yang diperoleh dari tingkat pemula akan menjadi dasar pengembangan kemampuan menulis selanjutnya.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah Nahdhatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo, adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap menulis khususnya dalam menyusun huruf-huruf hijaiyah menjadi suatu kata serta tidak adanya media dalam proses pembelajarannya. Oleh sebab itu, Peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan media Word Square untuk meningkatkan keterampilan menulis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penggunaan Media Word Square untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis (menulis kata) di Madrasah Ibtida’iyah Nahdhatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo?. 2) Bagaimana Efektivitas Penggunaan Media Word Square untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis (menulis kata) di Madrasah Ibtida’iyah Nahdhatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok kelas non eksperimen dan kelompok eksperimen. Sedangkan instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa tes (pre tes dan post tes), observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media Word Square, yaitu peneliti menjelaskan materi kemudian membentuk 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang, dan peneliti memberikan media Word Square kepada setiap kelompok kemudian peneliti menyuruh siswa untuk mencari mufrodat yang ada di media tersebut dan setelah menemukan mufrodat kemudian siswa menyusun huruf-huruf yang ada di media tersebut sehingga menjadi kata yang sempurna dan menyuruh siswa untuk menulis ke papan tulis dalam kegiatan ini jika ada kesalahan dalam penulisan maka kelompok lain yang membenarkan. 2) Penggunaan Word Square telah teruji ke efektivannya untuk meningkatkan keterampilan menulis di Madrasah Ibtida’iyah Nahdhatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo. Hal ini diketahui dari hasil uji t-tes menunjukkan bahwa hasil t hitung adalah 5,57 lebih besar dari pada t table (table siginifikasi) 1%= 2,058 dengan demikian bahwa H1 diterima. Atau dengan kata lain bahwa penggunaan media Word Square berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis khususnya menulis kata-kata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hadi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | ترقية مهارة الكتابة; Word Square; Improving writing creativity; Word Square; Meningkatkan Keterampilan Menulis | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8823 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |