Khilmiyah, Izziyatul (2014) استخدام طريقة الترجمة الحرفية لفهم النصوص العربية: بحث تجريبي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية كريان. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10150045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
In learning Arabic texts class VIII at Islamic junior high school Krian Sidoarjo the student often experience boredom, and the impact of students experiencing difficulties in learning Arabic. There is difficulty which is fased by students : too many smilary words, that makes them inability to arrange with language objectives and less of vocabulary, it happens because of they are not often using new vocabulary in sentence, because of them less of vocabulary and they feel difficulty when will translate texts. By those facts, researcher applied the tarjamah harfiah method to make learning Arabic easier and fun for students. It can make student easy to interpret Arabic texts.
The formulation of the problem in this research is : 1) How the implementation of tarjamah harfiah methods for understanding arabic texts in Islamic Junior high school Krian Sidoarjo? 2) How is the effectiveness of the implementation of tarjamah harfiah methods for understanding arabic texts in Islamic Junior high school Krian Sidoarjo?
The method used in this study isi experiment research methods with quantitative approaches. and instruments used in data collection is test , observation and interview.
The results of this study indicate that the Implementation tarjamah harfiah methods fur understanding Arabic texts for student class VIII at islamic junior high school Krian Sidoarjo is : 1) The implementation of tarjamah harfiah method for understanding arabic texts can increase curios of student to errich new vocabulary can prevent boredom in students can learn with a comfortable and enjoyable. 2) That the implementation of tarjamah harfiah method is very effective and successful, can be seen from the pretest to the control class with an average 57,55 and post test an average 7,70 and to the experiment class with an average of 57,25 after a treatment, it can be proved on the posttest values with average 94,65. after calculated using t-test to obtain an average of 9,74 and summary is the value of experiment clas is better than the value of control class. Were then calculated using a t-table and obtain the value of 2.25 in 1% and 1,73 in 5%. Can be seen that the t-test is greater than t-table, indicating that less Ho and H1 successful, then the implementation tarjamah harfiah method for understanding Arabic texts is effective
ABSTRAK
Dalam pembelajaran teks-teks bahasa arab kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Krian sering kali siswa mengalami kebosanan, dan dampaknya siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahasa arab. Adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu banyaknya padanan kata, sehingga mereka kurang bisa merangkainya dengan bahasa tujuan serta kurangnya kosakata yang mereka miliki. Karena mereka tidak membiasakan penggunaan murodat baru dalam kalimat, oleh karena itu mereka kurang menguasai kosakata baru sehingga mereka merasa kesulitan ketika akan menerjemahkan suatu teks bahasa arab. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan metode tarjamah harfiah dengan menjadikan pembelajaran bahasa arab yang mudah dan menyenangkan bagi siswa serta bertujuan untuk memudahkan siswa dalam penerjemahan tek-teks bahasa arab serta memahamkan siswa.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode Tarjamah Harfiah untuk Pemahaman Teks-teks Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Krian Sidoarjo?, 2) Bagaimana efektivitas penerapan metode Tarjamah Harfiah untuk Pemahaman Teks-teks Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Krian Sidoarjo ?
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Tarjamah Harfiah untuk pemahaman Teks-teks Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsN Krian Sidoarjo adalah: 1) Metode tarjamah harfiah adalah metode terjemah yang cara penerjemahannya kata perkata, adapun langkah-langkah tarjamah harfiah yaitu (1)pendahuluan,(2) mengajarkan kosa kata baru dengan menggunakan media gambar, (3)guru membaca materi kemudian siswa menirukan,(4) guru menyuruh siswa untuk menerjemahkan kata perkata yang mana menerjemahkannya secara bergiliran hingga materi selesai, (5)guru mengulang kembali terjemahan tersebut (6)guru memberikan evaluasi (7) dan guru menutup pelajaran. 2) Bahwa penerapan metode Tarjamah Harfiah sangat efektif dan berhasil, dapat dilihat dari nilai pre test pada kelas control dengan rata-rata 57,55 kemudian pada post test dengan rata-rata 7,70 dan adapun nilai pre- tes pada kelas eksperimen dengan rata-rata 57,25 setelah dilakuan perlakuan khusus, dapat dibuktikan pada nilai pos-tes dengan rata-rata 94,65.dapat disimpulkan bahwa nilai post test kelas eksperimen 94,65 lebih besar dari nilai post tes kelas control 7,70 Setelah dihitung jumlah keseluruhan dengan menggunakan rumus t-test memperoleh rata-rata 9,74, kemudian dihitung dengan
t-table dan memperoleh nilai 2,25 dalam 1%,dan 1,73 dalam 5%. Dapat diketahui bahwa hasil t-test lebih besar dari t-table, menunjukkan bahwa Ho kurang dan H1 berhasil, maka penerapan metode Tarjamah Harfiah Untuk Pemahaman Teks-teks Bahasa Arab efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hilmi, Danial | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | طريقة الترجمة الحرفية; فهم النصوص العربية; Tarjamah Harfiah Methods; Understanding for Arabic Texts; Metode Tarjamah Harfiah; Pemahaman Teks-teks Bahasa Arab | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2017 15:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |