Lasmin, Lasmin (2014) Konsep Pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Situasi Pendidikan Islam yang memprihatinkan dan bertentangan dengan sistem pendidikan penjajah yang dikembangkan di Indonesia, melatarbelakangi KH. Ahmad Dahlan untuk memperkenalkan metode baru sistem Pendidikan Islam. Sistem yang dikembangkan tersebut adalah sintesis antara sistem Pendidikan Islam tradisional yang berbasis di pesantren dengan sistem pendidikan modern, kolonial. Pembaharuan pendidikan Islam ini muncul karena respon terhadap pendidikan yang dikotomistik, tidak cukup dari itu juga banyak sebagian masyarakat yang menganggap pendidikan agama tidak mempunyai orientasi kepada kehidupan dunia yang bersifat materil. Sehingga pendidikan Islam terlihat paradoks. Untuk itu umat islam harus sadar atas pentingnya melakukan pembaharuan pendidikan Islam dan berani memperbaharuhi sistem pendidikan Islam secara integral. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian Librari Reseach atau disebut penelitian kepustakaan dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis kritis. Dan supaya penelitian ini berjalan dengan lancar maka dalam pengumpulan data-datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data-datanya penulis menggunakan tekhnik analisis isi(content analysis) yaitu berupa data-data tertulis. Dari hasil penelitian dapat disampaikan bahwasanya konsep pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan meliputi: a)Pendidikan moral, akhlaq yaitu sebagai usaha menanamkan karakter manusia yang baik berdasarkan Al-Qur’an dan AsSunnah. b)Pendidikan individu, yaitu sebagai usaha untuk menumbuhkan kesadaran individu yang utuh yang berkesinambungan antara perkembangan mental dan gagasan, antara keyakinan dan intelek serta antara dunia dengan akhirat. c) Pendidikan kemasyarakatan yaitu sebagai usaha untuk menumbuhkan kesediaan dan keinginan hidup bermasyarakat. menanamkan kepekaan sosial kepada peserta peserta didik terhadap persoalan-persoalan sosial yang menimpa sesama manusia tanpa membedakan suku, ras dan agama.
ENGLISH:
The situation of Islamic Education which alarming and contrasting the colonial education system that developed in Indonesia, caused it, KH Ahmad Dahlan introduced new methods of Islamic education system. The system thatdeveloped is traditional Islamic education based boarding school with modern education system, colonial. Renewing Islamic education is emerging because a response to the dichotomy of education, not enough of it is also a lot of some people who thinkreligious education has no orientation to the life of the world is material. So the seeming paradox of Islamic education. For that Muslims should be aware of the importance of Islamic education reform and dared to renews integrally Islamic education system. Research by the author is Reseach Libraries by using a qualitative descriptive approach critical analysis. And so the research goes fluently then in the collection of the data, the author uses documentation method. While in analyzing the data, the author uses content analysis techniques namely in the form of written data. From the results of the study can be submitted that the KH Ahmad Dahlan's concept of Islamic education include: a) Moral education, morality is an effort to inculcate good character of human based on the Qur'an and Sunnah. b) Education of individuals, which is an effort to raise awareness of individual sustainable among mental development and idea, faith and intellect, and the world to the Hereafter. c) civic education is an effort to grow the willingness and desire of community life. instilling social sensitivity to students on social issues that afflict human beings without distinction of ethnic, race and religion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8821 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |