Implementasi metode Jigsaw learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Sunan Gunung Jati Selopuro Blitar

As'ari, Riza (2014) Implementasi metode Jigsaw learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Sunan Gunung Jati Selopuro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07110145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal yang lebih penting lagi adalah siswa kurang bergairah dan merasa tertekan terhadap pembelajaran guru yang selalu menerapkan metode tersebut. Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode jigsaw learning dalam pembelajaran Mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat melibatkan siswa secara aktif sehingga dengan penerapan metode jigsaw learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Sunan Gunung Jati Selopuro Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Sunan Gunung Jati Selopuro Blitar yang berjumlah 40 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan pembelajan jigsaw learning yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dengan memberikan pre tes dan hasil setelah pembelajaran kemudian dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tehnik jigsaw learning memberikan banyak kontribusi diantaranya mudahnya siswa memahami materi melalui diskusi, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran materi Aqidah Akhlak. Hal ini dapat dibuktikan dari proses belajar siswa kelas VII, maka dapat diperoleh hasil pre tes peningkatan motivasi yang pada awalnya rata-rata 1,7 dan pada siklus I sebesar 2,3 atau terjadi peningkatan 35,29 %. Pada siklus II hasil observasi menunjukkan peningkan sebesar 2,5 atau 8,69 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ulum, Muhammad Samsul
Keywords: Metode Jigsaw learning; Motivasi; Aqidah Akhlak
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:01
Last Modified: 12 Jan 2018 08:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item