Hubungan motivasi kompetisi dan disiplin belajar dengan prestasi belajar Siswa kelas VIII SMPN 13 Malang

Afyah, Lubatul (2007) Hubungan motivasi kompetisi dan disiplin belajar dengan prestasi belajar Siswa kelas VIII SMPN 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02410086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (806kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar yang ada di sekolah yang akan menjadi informasi bagi siswa dalam mempertahankan atau meningkatkan posisinya di kelas. Kompetisi dan disiplin belajar berperan penting dalam mencapai prestasi belajar yang baik, sehingga para siswa dapat mencapai apa yang dicita-citakan serta prestasi yang baik bisa terwujud. SMPN 13 Malang sebagai suatau lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, diharapkan dapat menciptakan suatu budaya kompetisi dan disiplin belajar secara positif terhadap prestasi belajar dari para siswanya.

Motivasi kompetisi adalah keinginan atau dorongan individu atau beberapa kelompok memperebutkan objek yang sama untuk menang atau mengungguli orang lain dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dan disiplin belajar adalah tindakan siswa yang menunjukkan frekuensi kehadiran di kelas, ketepatan waktu dan keajekan belajar. Sedangkan prestasi belajar adalah prestasi yang diperoleh siswa selama satu catur wulan yang sudah disimpulkan dalam bentuk nilai akhir yang dimasukkan kedalam raport.

Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel, adapun dua variabel tersebut adalah, variabel bebas: Motivasi kompetisi dan disiplin belajar; variabel terikat: prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 13 Malang. Dengan populasi 180 siswa, kemudian diambil sampel dengan teknik purposive sampling, maka ada 83 responden. Dan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket Likert Scale, sedangkan analisa data mengunakan analisa Korelasi Product Moment Karl Pearson.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa 1). Motivasi kompetisi tinggi mencapai 6 siswa atau 7.23%, motivasi kompetisi rendah 7 siswa atau 8.43%, untuk disiplin belajar tinggi sebanyak 13 siswa atau
15.66%, disiplin belajar rendah 16 siswa atau 19.28%, dan prestasi belajar rendah sebanyak 16 siswa atau 19.28%, sedangkan untuk kategori prestasi belajar tinggi sebanyak 14 siswa atau 16.87%. 2). Kategori motivasi kompetisi sedang mencapai 70 siswa atau 84.34%, untuk disiplin belajar sedang sebanyak 54 siswa atau 65.06% serta prestasi belajar sedang 53 siswa atau 63.86%. 3). Berdasarkan uji hipotesis dapat diperoleh hasil bahwa antara motivasi kompetisi dengan prestasi belajar terjadi korelasi yang signifikan rxy= 0.527;sig= 0.000<0.10, demikian juga disiplin belajar dengan prestasi belajar rxy= 0.514;sig= 0.000<0.10. Dengan kata lain, semakin kuat motivasi kompetisi dan disiplin belajar siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mahmudah, Siti
Keywords: Motivasi Kompetisi; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:26
Last Modified: 12 Jan 2018 09:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8799

Actions (login required)

View Item View Item