Rofingah, Siti (2007) Pengaruh bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (500kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk membina siswa. Maka sangat perlu adanya badan khusus yang menangani masalah pembinaan pada anak didik yaitu dengan adanya badan bimbingan dan konseling. Dengan demikian bimbingan menjadi bidang pelayanan yang khusus dalam keseluruhan kegiatan pendidikan sekolah yang ditangani oleh tenaga ahli dalam bidang bimbingan dan konseling tersebut. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling akan mencapai sasaran apabila terdapat dukungan dari semua pihak dan adanya rencana kegiatan atau program kerja yang baik dalam suatu lembaga tersebut.
Badan bimbingan dan konseling tersebut berfungsi sebagai penuntun anak didik dalam perkembangannya dengan jalan memberikan pengarahan yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan manuntun sesuai dengan kaidah yang baik dan mengarahkan perkembangan anak sesuai dengan tujuan dan cita-citanya.
Berdasarkan uraian diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling yang dilakukan oleh konselor kepada siswa, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP 3 Batu Dalam penelitian ini sampel yang digunakan 30 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, 15 untuk kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlekuan dan 15 kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode angket, obervasi, dan interview. Untuk menguji kevalidan instrumen yang diberikan peneliti menggunakan rumus product moment
∑ XY − (∑ X )(∑Y )/ n rxy = =
[∑ X 2 − (∑ X )2 / n][∑Y 2 − (∑Y )2 / n]
Pemberian bimbingan dan konseling berpengaruh secara positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Batu. Hal ini terbukti dengan analisis yang dilakukan peneliti mengenai perubahan nilai rata-rata dari hasil uji t yang tadinya nilai rata-rata motivasi belajar siswa hanya 145 meningkat menjadi 153,33 setelah diberi perlakuan berupa bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan Konseling; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 16:26 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 16:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8793 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |