Nasyrah, Nasyrah (2007) Korelasi antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar Siswa Kelas XI MAN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (938kB) | Preview |
Abstract
Adanya proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan motivasi siswa lebih banyak ditentukan dalam lingkungan keluarga. Kesadaran akan tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus-menerus perlu dikembangkan kepada semua orangtua. Dari banyak kasus yang terjadi di sekolah ternyata faktor pada siswa antara lain motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, dapat dicari bagaimana pola asuh orangtua yang diterapkan pada siswa kelas XI MAN Malang I, bagaimana tingkat motivasi belajar siswa kelas XI MAN Malang I, dan bagaimana korelasi antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Malang I.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orangtua yang diterapkan pada siswa kelas XI MAN Malang I, untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa kelas XI MAN Malang I, dan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Malang I.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenisnya berupa korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Dari populasi sebanyak 236 siswa, sehingga yang dijadikan sampel berjumlah 60 siswa atau 25%. Analisa data yang digunakan adalah Product Moment Pearson dengan menggunakan komputer program SPSS for Windows.
Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa pola asuh orangtua (yaitu demokratis, otoriter, dan permisif) yang diterapkan pada siswa kelas XI MAN Malang I berada pada kategori sedang, dengan sampel berjumlah 43 siswa atau 71,67%. Sedangkan tingkat motivasi belajar (yaitu instrinsik dan ekstrinsik) yang dimiliki siswa kelas XI MAN Malang I diketahui pada kategori sedang, dengan sampel berjumlah 38 siswa atau 63,33%. Korelasi antara pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sangat signifikan, dimana diketahui nilai alpha 0,776 pada taraf P = 0,001. Pola asuh demokratis mempunyai korelasi yang lebih baik terhadap motivasi belajar siswa dan pola asuh permisif kurang terhadap motivasi belajar siswa. Begitu juga dengan pola asuh otoriter kurang memberikan konstribusi pada motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orangtua; Motivasi Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 16:23 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 16:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8743 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |