Hamidah, Erlina (2007) Pengaruh tingkat moral terhadap kemampuan sosialisasi anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Sawojajar I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (721kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manusia selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia mempunyai dorongan atau motif untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, sedangkan sebagai mahkluk sosial manusia mempunyai dorongan sosial, yaitu dorongan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain. Orang tua mempunyai harapan agar anak-anak mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik, bisa membedakan apa yang baik dan yang tidak baik, tidak mudah terjerumus dalam perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan dirinya sendiri maupun merugikan orang lain.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan moral terhadap sosialisasi anak usia dini. Rumusan masalahnya yaitu: Bagaimana penerapan pendidikan moral untuk anak usia pra sekolah, Bagaimana pengaruh pendidikan moral terhadap sosialisasi anak usia pra sekolah.
Moral adalah ajaran tentang baik buruk perbuatan dan kelakuan, akhlak, kewajiban dan sebagainya. Sedangkan sosialisasi merupakan keberhasilan seseorang untuk menyesuaiakan diri dengan orang lain pada umumnya dan terhadap kelompok pada khususnya. Biasanya orang yang berhasil melakukan penyesuaian sosial dengan baik mengembangkan sikap sosial yang menyenangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel bebas yaitu pendidikan moral terhadap variabel terikat yaitu motivasi sosialisasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ini dilakukan dengan penelitian populasi, karena dari jumlah populasi yang ada kurang dari 100 siswa Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara Hati. Jumlah siswanya yaitu 34 siswa, sedangkan yang mengisi angketnya adalh orang tua (ibu) masing-masing siswa. Untuk pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi.
Pendidikan Moral mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Karena merupakan bekal dalam kehidupannya nanti. Jika seorang anak memiliki moral yang baik maka dia akan disuka banyak temannya. Manusia adalah makhluk sosial, setiap orang pasti akan berinteraksi dengan orang lain. Sosialisasi mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan seseorang. Setiap hari, setiap saat, setiap waktu orang akan berinteraksi dengan orang lain. Korelasi antara moral dan sosialisasi adalah 0,002 yaitu lebih kecil dari 0,05. hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel pendidikan moral dengan sosialisasi anak usia pra sekolah. Dengan kata lain, variabel pendidikan moral mempengaruhi sosialisasi anak usia pra sekolah. Semakin baik pendidikan moral anak, maka semakin baik pula sosialisasi anak terebut terhadap teman-temannya.
ENGLISH:
Human being is not only individual but also social of human being. As individual of human being, people have motivation to fulfill their need, while as social of human being people have motivation to interact with other people. Parents hope that their children can grown and develop become good people. Children have good moral and can help another people. The objective of this research is to know how the important of moral to the socialization ability on child age early. The research problem is how the implication of the moral education and the socialization ability do for child on age early? Does the moral have effect to the socialization ability?
Moral is the education of good moral, obligation and so on. While socialization is the people success to adjust their selves to their environment or especially on their group. Usually, people success in social adjustment with good social attitude development.
The method of this research is quantitative to test the influence between free variable that is moral education to bound variable that is social motivation. The sample of this research is done with population research. The total of population is 100 students at Islamic kindergarten Mutiara Hati. The total of sample is 34 students, while questionnaire is give to the student’s parents that is their mothers. The data collections of this research are questionnaire, observation and documentation. The data analysis use correlation and regress analysis.
Morality have important role in children’s life. Because they will need this for their life in the future. If child has good moral. He/she likes to help his/her friends. Human is social of human being. Every person interacts with other people. Socialization have important role in children’s life. Every day, every time people with interact with other people. The correlation between moral and socialization is 0,002 < 0,05. It means that there is significant correlation between morality and socialization ability on child age early. If child’s moral is better, therefore they have socialization ability to their friends.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tingkat Moral; Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Dini; The Level Of Morality; The Socialization Ability On Child Age Early | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 16:23 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 16:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |