Hubungan antara citra perusahaan dengan faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan membeli rokok merek X Mild yang di produksi oleh PT Bentoel.Tbk: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang

Ismail, Agus (2007) Hubungan antara citra perusahaan dengan faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan membeli rokok merek X Mild yang di produksi oleh PT Bentoel.Tbk: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02410065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam era globalisasi sekarang ini laju perkembangan persaingan antar perusahaan dalam mempromosikan produk barang semakin tajam. Persaingan tersebut tidak hanya dari produk yang dihasilkan, melainkan citra perusahaan juga menentukan terhadap daya tarik terhadap konsumen. Oleh karena itu penulis menentukan rumusan masalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan membeli, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor konsumen dalam menentukan keputusan membeli suatu produk. Dari sini kemudian penulis termotivasi mencoba meneliti tentang “Hubungan Antara Citra Perusahaan Bentoel Dengan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Rokok Merek X Mild Yang Diproduksi Oleh PT Bentoel.Tbk”. (Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang).

Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif korelasional. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengambilan sampel didasarkan pada metode purposive sampling dan diambil sebanyak 40 responden untuk mewakili keseluruhan populasi.

Berdasarkan Hasil penelitian yang di dapatkan dapat diketahui bahwa citra perusahaan mayoritas pada kategori sedang berjumlah 26 subjek dengan prosentase 65%, tinggi berjumlah 11 subjek dengan prosentase 27,5%, dan untuk kategori rendah berjumlah 3 subjek dengan prosentase 7,5%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang memiliki persepsi sedang terhadap citra perusahaan.

Dari perincian data diketahui bahwa indikator faktor-faktor keputusan membeli konsumen pada kategori tinggi dari rating teratas sampai bawah adalah pertama, faktor psikologis dengan perolehan data 11 orang atau 27%. Kedua faktor sosial dengan perolehan data 10 orang atau 25%. Sedangkan faktor budaya dan faktor pribadi memiliki kesamaan perolehan data dengan 9 orang atau 22,5%. Adapun kategori tinggi pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli secara keseluruhan diperoleh data 25 orang atau 62,5%.

Sedangkan dari uji hipotesis dapat diperoleh hasil bahwa antara citra perusahaan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli memiliki korelasi yang signifikan rxy = 0,974 ; sig = 0,000 < 0,05. Dengan kata lain, semakin tinggi citra perusahaan di mata konsumen maka semakin besar pula motivasi mahasiswa untuk mengkonsumsi produk yang dihasilkan.

ENGLISH:

In this globalization era, the improvement of becoming rivals among the factories to promote their product. The rivalsness is not only from the product. But also the factory image influence the consument to buy their product. From this case, the researcher decide to limite the focus study in the factors influenced consuments to buy the product. The goals is to find out the factors influenced consuments to buy the product. This momment, motivates the researcher to research the relationship between factory image ”Bentoel” and the factors influenced consument to buy cigarrette X Mild produced by PT. Bentoel. Tbk. (Study on the students in UIN Malang).

The researcher is use kuantitative research paradigma the researcher user observations interview, and document. For the sample, based on purposive sampling and 40 respondent. In conductry to the result of research, the researcher pound out that faktory image maximally is in the highest position/degree 26 respondent or 65%, the highest position/ degree 11 respondent or 27,5%, and in the lowest posision/degree 3 respondent or 7,5%. This case shows thet the students of UIN Malang have the central thought fowards faktory image.

Based on the specific date, the research found out that the indicator of the factors influenced to buy the product is in the first, individual faktor 11 responden 27%. Second social factors 10 respondent or 25%, and culture factor 9 respondent or 22,5%. The factors has highest influence to the consuments to buy the product is 25 responden or 62,5%.

From hypothesis, it can be resulted that there are correlation between the factory image and the factors which influence the decisious in selling that has significan correlation rxy = 0,974 ; sig = 0,000 < 0,5. in other word, if the factory has a high image in consumens view the student motivation to consume the prosuct that produced will be increased

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawati, Endah
Keywords: Citra Perusahaan; Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli; Pemasaran; Konsumen; Factory Image; The Faktors Influenced To Buy; Marketing; Consument
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:24
Last Modified: 12 Jan 2018 09:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item