Korelasi antara sikap konsumen pengguna simcard aktif operator Indosat dengan perilaku loyalitas: Studi pada mahasiswa Psikologi UIN Malang tahun 2006/2007

Zuroida, Ida (2007) Korelasi antara sikap konsumen pengguna simcard aktif operator Indosat dengan perilaku loyalitas: Studi pada mahasiswa Psikologi UIN Malang tahun 2006/2007. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02410063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (717kB)

Abstract

INDONESIA:

Loyalitas pelanggan merupakan aset tak ternilai bagi perusahaan, karena adanya kesetiaan pelanggan merupakan deteminan yang paling utama dalam kinerja keuangan jangka panjang. Untuk menciptakan loyalitas pelanggan, maka terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan loyalitas tersebut. Salah satunya adalah sikap konsumen. Dengan mengetahui sikap konsumen maka pemasar dapat mempengaruhi dan membentuk sikap konsumen terhadap produk atau merek. Sebab dengan tidak adanya perilaku loyalitas akan mengakibatkan penurunan laba dari sisi perusahaan sedangkan dari sisi konsumen akan memunculkan perilaku variety seeking serta ketidakpuasan terhadap produk atau merek.

Sikap adalah kecenderungan konsumen untuk berespon terhadap suatu objek atau peristiwa. Sikap konsumen memiliki tiga indikator yaitu keyakinan konsumen mengenai operator Indosat, perasaan positif dan negetif dari pelanggan, kesiapsiagaan konsumen untuk berperilaku terhadap operator Indosat. Sedangkan loyalitas adalah perilaku pembelian berulang. Adapun indikatornya adalah melakukan pembelian secara teratur, membeli antar lini produk atau jasa, merekomendasikan produk kepada orang lain, menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing.

Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel, adapun dua variabel tersebut adalah, variabel bebas: Sikap konsumen; variabel terikat: perilaku loyalitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif(non-eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Psikolog UIN Malang. Dengan populasi 539 mahasiswa, kemudian diambil sampel dengan teknik purposive sampling, maka sampelnya adalah 68 responden pengguna simcard aktif operator Indosat. Dan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket Rating Scale, sedang analisa data menggunakan analisa Korelasi Product Moment Karl Pearson.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa sikap konsumen kuat mencapai 41 orang atau 60,29%. Dan sikap konsumen lemah sebanyak 27 orang atau 39,71%. Sedangkan untuk kategori perilaku loyalitas tinggi sebanyak 9 orang atau 13,24% 2) Kategori loyalitas pengguna operator Indosat berada pada tingkat sedang mencapai 56 orang atau 82,35%. 3) Sementara kategori loyalitas rendah hanya 1 orang atau 2%. Berdasarkan uji hipotesis dapat diperoleh hasil bahwa antara sikap konsumen dengan perilaku loyalitas terjadi korelasi yang signifikan rxy = 0,533 ; sig = 0,000 < 0,05. Dengan kata lain, Semakin kuat sikap seorang konsumen terhadap suatu produk atau merek maka semakin tinggi tingkat loyalitas terhadap produk atau merek tersebut.

ENGLISH:

Consumer loyalty is priceless asset for company, because the existence of faithfulness of customer is the most main determinant in long range monetary performance. To create the customer loyalty, so that there are some factors that influence forming of the loyalty. One of them is customer attitude. By knowing the customer attitude so distributor can influence and formed the customer attitude to the product or brand. Because without the loyalty attitude will be effect the profit degradation in the sight of company whereas from customer side will appear the attitude of variety seeking and un satisfaction to the band and product.

The attitude is preference of customer to respond the object or event. The customer attitude has three indicators that is conviction of customer related with Indosat operator, positive and negative feeling from the customer, the state of being prepared of customer to behavior of Indosat operator. Whereas loyalty is purchasing behavior repeatedly, purchased among product lini or service, recommending of product to others, showing impenetrability of same product fascination from competitor.

The aim of research is to know is there the correlation between two variables that are free variable: consumer attitude; and bound variable: loyalty behavior. Kind of the research is quantitative (non-experiment) research. It is conducted in Faculty of Psychology of UIN Malang. By the population is 539 university students, then the sample is taken by technique of purposive sampling. So the sample is 68 respondents of an active simcard user of Indosat operator. And data supporting of research is obtained by interview and documentation. The technique of data collecting is using Rating Scale questioner, whereas analysis of data is using Correlation Product Moment of Karl Pearson analysis.

Based on the result of solution and research, are obtained that the strong consumer attitude has reached 41 person or 60,29%. And the weak consumer behavior 27 person or 39,71%. Whereas for behavioral category of high loyalty are 9 of person or 13,24% 2) the loyalty category of Indosat operator user has been in normal level until 56 person or 82,35%. 3) while the category of low loyalty is only 3 person or 4,41%. Based on hypothesis test is can be obtained the result that among the consumer attitude with loyalty behavior has happened a significant correlation rxy = 0,533; sig = 0,000 < 0,05. by other word, more strong of someone attitude to the product or brand so more higher the loyalty level to the brand and the product.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawati, Endah
Keywords: Sikap Konsumen; Perilaku Loyalitas; Consumer attitude; Loyalty Behavior
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:25
Last Modified: 12 Jan 2018 09:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item