Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang

Anwar, Saiful (2007) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03410063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (620kB)

Abstract

INDONESIA:

Konsep diri adalah gambaran yang dimiliki orang tentang dirinya. Konsep diri merupakan gabungan dari keyakinan yang dimiliki orang tentang diri mereka sendiri, karakteristik fisik, psikologi, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi. Sedangkan Prestasi belajar adalah keberhasilan mahasiswa dalam menguasai materi yang telah diajarkan sehingga mahasiswa dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Terdapat realita pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Malang, kebanyakan mereka memiliki kemampuan prestasi belajar yang rata-rata menengah. Hal ini dilihat dari indeks prestasi yang mereka peroleh. Konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Mahasiswa fakultas psikologi yang seharusnya mengerti tentang konsep diri dan prestasi belajar maka seharusnya mahasiswa tersebut berusaha untuk menjadikan diri mereka sebaik- baik individu baik dalam menata diri maupun dalam pergaulan social sehingga ia akan mampu memperbaiki konsep diri dan prestasinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri mahasiswa fakultas psikologi yang berhubungan dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah konsep diri sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi semester I, III, V dan VII serta berusia 18-21 tahun yang berjumlah 70 orang, dilakukan dengan metode cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk konsep diri dan data indeks prestasi mahasiswa. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket

Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, didapatkan hasil rxy = 0,835 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Malang. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula prestasi belajar mahasiswa fakultas psikologi UIN Malang.

ENGLISH:

Self concept is picture had by people about x'self. Self concept represent aliance of confidence had by people about themselves, physical characteristic, psychology, social, emotional, achievement and aspiration. While Achievement learn is efficacy of student in mastering items which have been taught so that student can reach target learn which have been specified. There are realita at psychology faculty student of UIN Malang, most them have ability of achievement learn which is middle mean. This matter is seen from achievement index which they obtain;get. Self concept have an effect on to achievement learn student. Faculty psychology student which ought to understand about self concept and achievement learn hence student ought to be the out for make their self as good as good individual in arranging self and also in assocciation of social so that he will be able to improve;repair self concept and his achievement.

This research aim to to know storey;level conception psychology faculty student self related to achievement learn. Hypothesis the raised is that there are relationwhich are positive between self concept with achievement learn. In this research there are two variable that is free variable is self concept while variable tied of is achievement learn. Sampel in this research is semester psychology student of I, III, V and of VII and also have age to 18-21 year amounting to 70 people, conducted with method of cluster sampling. Instrument the used is enquette for the concept of data and x'self make an index to student achievement. For the examination of measuring instrument quality used by Product Moment which later;then correlation with Part Whole to test its validity and Alpha Cronbarch to test enquette aitem reliabilitas

By using correlation formula of Product Moment of Pearson, got result = 0,835 meaning hypothesis in this elite is accepted, that is there are relation which are positive between x'self concept with achievement learn at psychology faculty student of UIN Unlucky. Its Meaning that storey;level excelsior conception x'self hence excelsior also achievement learn psychology faculty student of UIN Malang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayah, Rifa
Keywords: Konsep Diri; Prestasi Belajar; RemajaSelf Concept; Achievement Learn; Adolescently
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:47
Last Modified: 12 Jan 2018 08:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item