Qomarudin, A. (2014) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fikih semester genap di kelas X MA Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan pendekatan konstruktivis, yang mengacu pada metode pembelajaran bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar. Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif yang relevan, efektif, dan efisien bagi tujuan pembelajaran fikih materi perekonomian dalam Islam (materi muamalah) adalah model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tipe ini dipraktikkan melalui lima tahapan: 1) tahap penyajian materi, 2) tahap kegiatan kelompok, 3) tahap tes individual, 4) tahap penghitungan skor perkembangan individu, dan 5) tahap pemberian penghargaan kelompok. Keunggulan model kooperatif tipe STAD yakni dapat memadukan antara kompetensi akademik (learning to know, learning to do, learning to be) dengan kompetensi sosial (learning to life together). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tingkat motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fikih semester genap di kelas X MA Almaarif Singosari dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) tingkat hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fikih semester genap di kelas X MA Almaarif Singosari dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis penelitian eksperimen dengan rancangan quasi ekperimental (ekperimen semu). Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi yang menggunakan semua sampel dengan teknik pengumpulan data: tes dan nontes. Sedangkan teknik analisis data meliputi (1) analisis tahap awal meliputi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, (2) analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, uji beda, dan indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fikih semester genap di kelas X MA Almaarif Singosari Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar peserta didik X MA Almaarif Singosari Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
ABSTRACT
Cooperative learning is a form of learning that is based on the constructivist approach, which refers to a method of learning to work together in small groups and help each other. One type of relevant cooperative learning model, effective, and efficient one for the purpose of learning the material economy in Islamic Jurisprudence is Student Team Achievement Division (STAD). This type is implemented through five stages: 1) stage of the presentation, 2) stage of the group's activities, 3) individual test phase, 4) stage of the individual scores development counting, and 5) stage of the group award. The excellence of this cooperative model is able to combine the academic competence (learning to know, learning to do, learning to be) with the social competence (learning to life together). This study aims to describe (1) the motivation level of even semester students of class X MA Almaarif Singosari on learning fiqh with the application of STAD cooperative learning model as compared with the control class using the conventional learning model, (2) the level of the student learning outcomes in learning fiqh class X MA Almaarif Singosari with the application of STAD cooperative learning model as compared with the control class using the conventional learning. The study uses a quantitative approach to the experimental research with quasi-experimental design. Which belongs to the study of population using all sample with data collection techniques: test and nontes. While the data analysis techniques cover (1) analysis of the early stages of the test validity, reliability, level of difficulty, and distinguishing features included, (2) the final stage analysis includes tests of normality, homogeneity, similarity average, difference test, and the gain index. The results shows (1) a with the implementation of STAD cooperative learning model compared with conventional learning model, there is a better effect on the motivation of even semester students of class X MA Almaarif Singosari Malang in learning fiqh, (2) also significant result toward learning outcomes of students.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Amrullah, Abdul Malik Karim | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Student Team Achievement Division (STAD); Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Learning Motivation; Learning Outcomes | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 14:56 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 15:01 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |