Pengaruh perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal pada siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar

Porpitasari, Desy Mustika (2007) Pengaruh perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal pada siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (858kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XI termasuk dalam masa remaja karena sebagian besar mereka berada pada usia 17/18-21/23 tahun. Dalam rentangan masa remaja terjadi perubahan fisiologis dan psikologis dari anak-anak menuju dewasa. Dalam penyesuaian pribadi dan sosial remaja ditekankan pada lingkup kelompok teman sebaya, karena kelompok teman sebaya merupakan suatu kelompok baru dan memiliki ciri, norma, dan kebiasaan yang jauh berbeda dengan apa yang ada dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu remaja dituntut memiliki kemampuan pertama dan baru dalam menyesuaikan diri serta dapat dijadikan dasar dalam hubungan sosial yang lebih luas. Dalam melakukan hubungan sosial dibutuhkan kemampuan berperilaku asertif. Perilaku asertif merupakan kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosi yang tepat, dalam berkomunikasi relatif terbuka, dan mengandung perilaku penuh ketegasan. Dengan adanya perilaku asertif pada diri remaja, maka remaja dapat melakukan hubungan interpersonal dengan orang lain, oleh karena itu perilaku asertif sangat menentukan dalam kelancaran hubungan interpersonal. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga yaitu bagaimana tingkat perilaku asertif pada siswa, bagaimana tingkat hubungan interpersonal pada siswa, dan apakah ada pengaruh perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku asertif siswa, hubungan interpersonal siswa, dan mengetahui pengaruh perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan atau pengaruh antar variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar yang berjumlah 388 orang siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yang ada yaitu 97 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan observasi langsung.

Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa perilaku asertif siswa kelas XI SMK Islam 1 Blitar berada pada kategori sedang atau cukup dengan prosentase 64%, 18% berada pada kategori tinggi, dan 18% berada pada kategori rendah. Sedangkan hubungan interpersonal pada siswa juga berada pada kategori sedang atau cukup dengan prosentase 76%, 13% berada pada kategori tinggi, dan 11% berada pada kategiri rendah. Ada pengaruh yang signifikan antara perilaku asertif terhadap hubungan interpersonal (R = 0,161 signifikansi / probabilitas 0,000 < 0,05) atau perilaku asertif berpengaruh terhadap hubungan interpersonal secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Sedangkan hubungan interpersonal dipengaruhi oleh perilaku asertif sebesar 2,6% sementara sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab lain. Dengan demikian hipotesis diterima.

ENGLISH:

The vocational high school (SMK) student at class IX included in teen age because most of them are at the age of 17/18-21/23. Therefore, adolescent is claimed has new and first ability in adapting himself and also they can be the base of the wider social relationship. In doing social relationship is required assertive behavior ability. Assertive behavior is someone ability to express an accurate emotional, in communication which is relatively open, and it contains of coherences behavior. With an assertive behavior is in adolescent, hence adolescent can do interpersonal relationship with others, therefore, an assertive behavior is really determine in the fluency of interpersonal relationship. Internal issue Formula this research there that is how storey assertive behavior of student, how storey interpersonal relationship of student, and what there is influence of assertive behavior to interpersonal relationship of student at class IX in the Islamic SMK 1 of Blitar

This study is significant to understanding about the assertive behavior, interpersonal relationship of student, and knowing the effect of assertive behavior to the student interpersonal relationship.

This study was conducted using quantitative method and the kind of this research is associative research to get knowledge on how the relationship or the influence between variables. The populations of this research are 388 students at class IX of the Islamic SMK 1 of Blitar. While, the sample of this study is 25% from all of the number of populations are 97 students. The sampling technique of this study is cluster technique. The main instruments in obtaining the data of this study are enquette, documentation, and direct observation.

Based on the result of this study is gotten that student assertive behavior at class XI Islamic SMK 1 of Blitar stays at enough or medium category with the percentage of 64%, 18% is in a high percentage, and 18% is in a low percentage. While, interpersonal relationship of the student also at enough or medium category with the percentage of 76%, 13% is in a high category, and 11% is in a low category. There are significant influences between assertive behavior to the interpersonal relationship (Significant R = 0,161/ Probability 0,000 < 0,05) or assertive behavior influence to interpersonal relationship in significant in trust level 95%. On the other hand, interpersonal relationship is influenced by assertive behavior 2,6% whereas the rest is influenced by other causes. Thereby the hypothesis is received.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ardani, Tristiadi Ardi
Keywords: Perilaku Asertif; Hubungan Interpersonal; Assertive Behavior; Interpersonal Relationship
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:47
Last Modified: 12 Jan 2018 08:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item