Hubungan sugesti tentang suntik HIV/AIDS dengan minat konsumen mengunjungi Matos pada mahasiswa Psikologi UIN Malang Angkatan 2004 & 2005

Muliawati, Devi (2007) Hubungan sugesti tentang suntik HIV/AIDS dengan minat konsumen mengunjungi Matos pada mahasiswa Psikologi UIN Malang Angkatan 2004 & 2005. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Berita yang terjadi pada awal tahun 2007, mengenai penyebaran HIV/AIDS kepada konsumen melalui jarum suntik yang diindikasikan berisi HIV pada saat mengunjungi Malang Town Square (MATOS), cukup meresahkan masyarakat terutama pengunjung MATOS yang dijadikan tempat sasaran proganda tindak kriminal tersebut. Berita itu juga sampai kepada mahasiswa UIN Malang, diantaranya mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Berita yang diterima tanpa adanya pertimbangan dan penelitian sebelumnya serta diterima apa adanya merupakan suatu proses sugesti. Sugesti sendiri dapat bersifat positif maupun negatif. Sugesti positif apabila dapat memberikan manfaat dan memiliki dampak yang baik, sedangkan sugesti negatif apabila hal itu memiliki dampak yang merugikan atau tidak baik. Begitu juga dengan minat seseorang, akan semakin besar apabila obyek yang diminati itu menguntungkan, sebaliknya apabila merugikan maka minat cenderung berkurang. Minat merupakan suatu ketertarikan kepada suatu obyek yang disenangi, kemudian diikuti dengan usaha untuk meraih obyek yang disenanginya itu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sugesti tentang suntik AIDS dan minat mahasiswa Psikologi UIN Malang mengunjungi MATOS serta dapat mengetahui tingkat masing-masing variabel. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu varibel bebas adalah sugesti dan variabel terikat adalah minat. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Psikologi UIN Malang angkatan 2004 & 2005 dengan jumlah 50 responden, menggunakan teknik Purpose Sampling. Instrument penelitian menggunakan skala sugesti yang berjumlah 36 item dan skala minat yang berjumlah 37 item. Data dianalisis menggunakan persamaan Product Moment Correlation dari Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sugesti tinggi 20 %, sedang 64%, rendah 16%. Untuk minat mengunjungi MATOS diperoleh hasil tinggi 14%, sedang 68%, rendah 18%. Korelasi antara variabel adalah rxy = -0,375 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima bahwa terdapat hubungan yang negatif antara sugesti tentang suntik HIV/AIDS dengan minat mengunjunggi MATOS. Dimana apabila sugesti tentang suntik HIV/AIDS tinggi maka minat mengunjungi MATOS rendah, Sebaliknya apabila sugesti rendah, maka minat tinggi. Koefisien Determinan kedua variabel berjumlah 14%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dan memberi manfaat serta masukan yang baik bagi subjek yang diteliti, bagi lembaga, dan bagi peneliti selanjutnya.

ENGLISH:

News that happened in the early 2007, hitting HIV/AIDS spreading to consumer through hypodermic needle which the indication contain HIV at visiting Malang Town Square (MATOS), this news is fret societies especially visitor on MATOS as the target of proganda place act the criminals. That news spread to the students at UIN Malang, among of them is Psychology students at UIN Malang. That news is accepted without previous research and consideration then accepted as autosuggestion process. Autosuggestion itself can have the positive and negative characters. Positive autosuggestion if it can give benefit and have good impact, while negative autosuggestion if that matter have impact of the prejudicial or bad. Therefore it has impact to somebody enthusiasm will be ever greater if object enthused that profit, on the contrary if have negative impact the enthusiasm tend to decrease. Enthusiasm as an interest to the pleased object then followed with the effort to reach for the favorite object.

The objective of this research to know the autosuggestion relation and enthusiasm of Psychology students at UIN Malang in visiting MATOS and know the level of each variable. In this research there are two variables that are free variable autosuggestion and trussed variable is enthusiasm. The sample are Psychology students in UIN Malang of 2004 & 2005 generation with amount 50 responder, using Purpose Sampling technique. The research instrument use autosuggestion scale total is 36 items and the total of enthusiasm is 37 items. The data analyzed use equation Product Moment Correlation from Pearson.

The result research indicates that high autosuggestion 20 %, medium 64%, lowering 16%. For the visitor’s enthusiasm MATOS obtained a high result 14%, medium 68%, lowering 18%. The correlation between variable rxy = - 0,375 meaning hypothesis in this research is accepted that there are negative relation between autosuggestion about HIV/AIDS injection with enthusiasm of visiting MATOS. Where if autosuggestion about the high HIV/AIDS injection so the visitor’s enthusiasm of MATOS is low, while if low autosuggestion, so the enthusiasm is high. The coefficient Determinant of both variables amount to 14%.

Based on the result of this research, expected can be made a consideration and give benefit and also the input which is both for research subject, for institute, and for next researcher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Irawan, Andik Roni
Keywords: Sugesti; Suntik HIV/AIDS; Minat Konsumen; Autosuggestion; HIV/AIDS Inject; Consumer’s Enthusiasm
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:47
Last Modified: 12 Jan 2018 08:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8661

Actions (login required)

View Item View Item