Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kepribadian siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari Malang

Fitriyah, Nanik (2007) Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kepribadian siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02410061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (863kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan sebagai sebuah proses manusia untuk mengenal ilmu pengetahuan, bagi manusia yang beragama, agama Islam khususnya, pendidikan agama menjadi sebuah kebutuhan primer. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama dan utama yang mengenalkan dan memberikan pendidikan tersebut sebagai sebuah pondasi awal untuk membentuk kepribadian ideal. Pribadi diartikan sebagai organisme yang dimanis dalam sistem fisik-psikis yang menentukan keunikan seseorang menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Moral positif sebagai standar yang muncul dari agama dan lingkungan sosial memberikan konsep-konsep yang baik dan buruk, patut dan tidak patut, layak dan tidak layak secara mutlak. Apabila pendidikan agama dalam keluarga tidak diberikan secara maksimal, maka kepribadian positif tidak akan terbentuk.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa, untuk mengetahui kepribadian siswa, dan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kepribadian siswa kelas VII dan VIII MTs Almaarif 01 Singosari Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. dari populasi sebanyak 469 siswa yang terdiri dari 11 kelas. Sampel yang dipakai berjumlah 79 siswa yang dikhususkan pada siswa kelas VII dan VIII MTs Almaarif 01 Singosari Malang yang bertempat tinggal di rumah. Analisa data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Pearson dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows.

Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa kelas VII dan VII MTs Almaarif 01 Singosari Malang baik berupa materi dan metodenya adalah berkategori sedang dengan jumlah 51 siswa atau 64,56%, sedangkan kepribadian siswa MTs Almaarif 01 Singosari Malang diketahui pada kategori sedang, yaitu berjumlah 54 siswa atau 68,35%. Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan Kepribadian siswa kelas VII dan VII MTs Almaarif 01 Singosari Malang memiliki pengaruh yang signifikan dengan alpha 0,631 pada taraf P = 0,001. Hal ini diartikan bahwa semakin tinggi pendidikan agama Islam dalam keluarga maka semakin tinggi kepribadian siswa, begitu juga sebaliknya apabila pendidikan agama Islam dalam keluarga rendah, maka semakin rendah pula kepribadian siswa.

ENGLISH:

Education as a human process to know the knowledge, for human who has religion, Islamic religion specially, Islamic education is be a primary requirement. Family as the first social environment which is introducing and giving the education as the first foundation to build the ideal personality. Personality it means dynamic organism in physic and psychics system that determine someone’s unique to adjust to their society. Positive moral as the standard value coming from religion and social environment give a bad and a good concepts, proper or not, suitable or not absolutely. If the Islamic religion of family education is not given maximally, so the positive personality was never been built.

The aim of this research are to know the Islamic religion of family education, to know student personality, and to know how is the correlation between Islamic religion of family education and student personality at student class VII and VIII MTs Almaarif 01 Singosari Malang.

This research is quantitative descriptive research and its kind as correlation which has the aim to look for whereas any relationship between two variables or not. The collection data methods of this research are questionnaire, observation, and also documentation method. From the 496 subjects population, we select for sampling of 79 subjects from class VII and VIII MTs Almaarif which are staying at home with their parents. The data analysis using Product Moment Pearson with computer of SPSS for windows.

Based on the result of the analysis it can be known that the Islamic religion of family education at student class VII and VIII MTs Almaarif 01 Singosari Malang is at the middle of category, with the sampling of 51 students or 64,56%, whereas the student personality also at the middle category with 54 students or 68,35%. The correlation between Islamic religion of family education and student personality is very significant with alpha 0,631 at P = 0,001 of standard. This result means that the higher of Islamic religion of family education the higher student personality, and also the lower of Islamic religion of family education the lower student personality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djazuli, Djazuli
Keywords: Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga; Kepribadian; Islamic Religion of Family Education; Personality
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:25
Last Modified: 12 Jan 2018 09:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8639

Actions (login required)

View Item View Item