Hubungan komunikasi interpersonal antar karyawan terhadap motivasi kerja karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang

Rif’ah, Aminatur (2007) Hubungan komunikasi interpersonal antar karyawan terhadap motivasi kerja karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02410002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang berbentuk ucapan, pesan-pesan, ataupun gerakan tubuh. Komunikasi interpersonal dikatakan efektif jika didalamnya terdapat keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan. Dalam suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat diterima atau dimengerti. Agar ide dapat diterima dan dimengerti secara sempurna, pengirim pesan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu subyek (apa yang ingin disampaikan), maksud (tujuan), audiens, gaya personal, dan latar belakang budaya.

Motivasi kerja adalah suatu dorongan atau pemberi kekuatan untuk melakukan suatu pekerjaan dalam upaya untuk tercapainya keinginan atau pemenuhan kebutuhan. Motivasi juga merupakan daya pendorong yang mengakibatkan seseorang mau dan rela menggerakkan kemampuannya dalam bentuk keahlian atau ketrampilan, tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tangung jawabnya dan menunaikan kewajibannya dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, artinya penelitian kuantitatif adalah penelitian yang datanya berupa angka-angka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antar karyawan terhadap motivasi kerja karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang yang berjumlah 50 karyawan. Alat pengumpul datanya menggunakan angket, disamping itu untuk melengkapi data yang dibutuhkan peneliti menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunkan adalah uji validitas dengan rumus product momemt dan uji reliabiitas dengan rumus alpha.

Dari 50 orang karyawan menujukkan bahwa komunikasi interpersonal antar karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang adalah yang komunikasi interpersonal baik sebanyak10%, 22% dalam komunikasi interpersonal kurang dan 68% dalam komunikasi interpersonal cukup.

Demikian juga dengan motivasi kerja karyawan, dari 50 orang karyawan di perusahaan kompor “Kupu Mas” Malang adalah motivasi kerja karyawan dalam motivasi tinggi sebanyak 16%, 12% dalam motivasi rendah dan sisanya 72% dalam motivasi sedang.

Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan (F = 10,044., sig = 0,003 <0,01) antara komunikasi interpersonal antar karyawan terhadap motivasi kerja karyawan, besarnya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja (r2x100)17,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mangestuti, Retno
Keywords: Motivasi Kerja; Komunikasi Interpersonal
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:45
Last Modified: 12 Jan 2018 08:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item