Hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Ploso Malang

Sa’diyah, Siti Khalimatus (2006) Hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Ploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
01410069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (402kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini. persoalan prestasi belajar siswa dan faktor yang mempengaruhinya menjadi perhatian praktisi pendidikan. Hal ini disebabkan adanya pernyataan. bahwa ada sebagian besar siswa MA al-Hidayah yang mempunyai prestasi belajar yang tinggi. juga memiliki kematangan emosi yang tinggi pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah kematangan emosi siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?.(2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?. (3) Apakah terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kematangan emosi siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang.

Penelitian ini dilakukan di MA al-Hidayah Karang Ploso Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu kematangan emosi. dan satu variabel terikat yaitu variabel prestasi belajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dimaksud adalah siswa MA al-Hidayah Karang Ploso Malang dengan jumlah 39 siswa yang seluruhnya merupakan siswa kelas tiga. Untuk pengumpulan data. pada penelitian ini digunakan angket. observasi. wawancara dan dokumentasi. Untuk perhitungan reliabilitasnya digunakan teknik alfa cronbach. sedang untuk uji analisis statistik korelasional digunakan Product Moment Pearson.

Setelah dilakukan analisis dengan menguji statistik korelasi Product Moment Pearson. dapat diketahui bahwa dari 39 siswa siswa MA al-Hidayah, tingkat kematangan emosi siswa menunjukkan 20,51% siswa memiliki kematangan emosi yang tinggi, 48,72% memiliki kematangan emosi yang sedang dan 30,77% dengan tingkat yang rendah. Sedangkan tingkat prestasi belajar siswa menunjukkan terdapat 41,03% mempunyai prestasi belajar yang sedang. 38,46% siswa mempunyai prestasi belajar yang rendah. dan 20,51 % siswa mempunyai prestasi belajar yang tinggi. Sedangkan Hubungan kematangan emosi dan prestasi belajar menunjukkan adanya korelasi yang positif. dengan perolehan f hitung = 40.007 dan nilai probabilitas (P) < 0.05%.

Dari temuan data dan analisis pembahasan di atas. dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa MA al-Hidayah Karang Ploso Malang. Semakin tinggi kematangan emosi siswa, semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Dan sebaliknya, semakin rendah kematangan emosi siswa, semakin rendah pula prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mustofa, M. Lutfi
Keywords: Kematangan Emosi; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:46
Last Modified: 12 Jan 2018 08:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8632

Actions (login required)

View Item View Item