Motivasi belajar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan status mahasiswa di Universitas Islam Negeri Malang

Asmita, Safrial Hadi (2007) Motivasi belajar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan status mahasiswa di Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
00410057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (750kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Motivasi belajar merupakan suatu hal yang sangat penting baik di dalam dunia industri maupun dalam dunia pendidikan, tanpa adanya motivasi maka kinerja setiap individu dalam melaksanakan segala aktivitasnya tidak akan berjalan dan berhasil secara baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar ditinjau dari perbedaan jenis dan status mahasiswa yaitu mahasiswa yang berstatus aktivis atau non-aktivis. instrument yang dipakai dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah dengan angket, jenis penelitian ini adalah penelitian sampel karena subyek penelitian lebih dari seratus, jadi subyek penelitian ini adalah 200 Mahasiswa.

Dari hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti tentang motivasi belajar di UIN Malang dengan variabel jenis kelamin dan status aktivitas mahasiswa di ketahui bahwa secara umum tingkat motivasi belajar mahasiswa perempuan lebih baik dari pada motivasi belajar pada mahasiswa laki-laki, hal ini ada perbedaan yang tidak signifikan di antara hasil skor penelitian ini.

Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa motivasi belajar ditinjau dari prosentase jenis status kegiatan mahasiswa diketahui perbedaan yang tidak signifikan tersebut ditunjukkan dengan prosentase hasil 82% motivasi belajar pada mahasiswa non-aktivis untuk kategori baik dan 19% motivasi belajar dengan kategori kurang baik dan 65% motivasi belajar pada mahasiswa aktivis dengan kategori baik dan 35% dengan kategori kurang baik atau perlu adanya bimbingan dan juga pengarahan yang lebih maksimal. Tidak ada perbedaan antara motivasi belajar jenis kelamin maupun status kegiatan

Penelitian ini menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan prosentase dari motivasi belajar laki-laki,perempuan aktivis laki-laki, dan perempuan non- aktivis. Dari hasil penelitian ini diketahui tidak ada beda antara mahasiswa aktivis dan non-aktivis t-hitung untuk mahasiswa aktivis 1,993 dan non-aktivis 1,942 dan mahasiswa laki-laki 1,686 dan perempuan 1,712. dikatakan tidak signifikan karena t-tabel > dari t-hitung

ENGLISH:

Learning motivation is an important thing both in industry field and education field. Without any motivation, individual performance in any activity won’t be run well and won’t be successful.

The purpose of the study is to know the learning motivation evaluated from the different type and status of the collegian that is collegian with activist status and non-activist. Instrument used in collecting the data of the research is questionnaire. This research is considered as sample research because the subject of the research is more than one hundred; the subject of the research is 200 collegians.

Based on the research result done by the researcher about learning motivation in UIN Malang by using gender variable and activity status of collegian, it is known that, generally, learning motivation level of female collegian is better than male collegian. There is a very significant difference among this research score. It can be seen from its percentages, that is: 82% for female’s learning motivation and 65% for male.

From the analysis result, it can be seen also that learning motivation evaluated from the type of collegian’s status shows that learning motivation of activist collegian is lower than non-activist collegian. This significant difference is shown by its percentages that is: learning motivation of non-activist collegian is 82% for good category and 19% for bad category. While for learning motivation of activist collegian is 65% for good category and 35% for bad category or in other words they need more maximum guidance and directions.

This research used T-test to know the difference between learning motivation of female and male activist and learning motivation of female and male non-activist. From the result of the research, the researches get the following data: 37 % learning motivation of male collegian in medium category, 42 % learning motivation of female collegian in medium category, 37 % learning motivation of the collegian in medium category, and 36% for non-activist collegian in medium category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Rahmat
Keywords: Motivasi Belajar; Jenis Kelamin; Status Mahasiswa; Learning Motivation; Gender; Collegian Status
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:44
Last Modified: 12 Jan 2018 08:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item