Responsive Banner

Internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui metode keteladanan dan pembiasaan : Studi multikasus di SMA Negeri 2 Pare Kediri dan SMA PSM Plemahan Kediri

Wahyuningtyas, Ulfa (2015) Internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui metode keteladanan dan pembiasaan : Studi multikasus di SMA Negeri 2 Pare Kediri dan SMA PSM Plemahan Kediri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13770038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Agama Islam merupakan upaya mendidikkan agama Islam atau ajaran Islam dan nilai-nilainya agar menjadi way of life (pandangan dan sikap hidup) seseorang. Namun permasalahannya adalah pembelajaran PAI kurang bisa mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi “makna” dan “nilai” atau kurang mendorong penjiwaan terhadap nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan dalam diri peserta didik menjadi perilaku yang diamalkan dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Macam-macam nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasikan, 2) Penerapan metode keteladanan, dan 3) Penerapan metode pembiasaan dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam di SMA Negeri 2 Pare Kediri dan SMA PSM Plemahan Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, dengan rancangan multikasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya yaitu derajat kepercayaan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, keteralihan, dan kebergantungan. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai yang diinternalisasikan bersumber dari Al-Quran dan Hadits. Jenis nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai ilahiyah yakni nilai ketaqwaan, nilai insaniyah yakni nilai sopan santun, toleransi dan kerukunan, tenggang rasa, kedisiplinan, kepedulian, dan nilai akhlak terhadap lingkungan yakni nilai kebersihan. 2) Metode keteladanan diterapkan dengan menjadikan role model personifikasi nilai menjadi panutan. Figur yang dijadikan teladan di SMA Negeri 2 Pare Kediri yaitu guru PAI, guru Fisika, waka kesiswaan, sedangkan di SMA PSM Plemahan Kediri yaitu kepala sekolah, guru PAI, guru Ekonomi, waka kesiswaan. Ciri-ciri figur yang dijadikan teladan siswa adalah memiliki kewibawaan dan konsistensi dalam menjalankan sikap teladan yang baik pada peserta didik. 3) Metode pembiasaan dilakukan melalui pengkondisian pembelajaran di kelas dan di lingkungan sekolah, serta pembiasaan secara insidental dan terprogram di luar kelas. Prosesnya dimulai dengan pemberian pengetahuan (transformasi nilai), penyadaran (transaksi nilai), dan pengamalan (transinternalisasi nilai). Ciri keberhasilannya kebanyakan masih pada fase responding dan valuing, meskipun ada yang sudah terbiasa mengamalkan atau sudah menjadi karakter. Internalisasi dapat dilakukan apabila ada figur dan pembiasaan seluruh stakeholder atau warga sekolah dalam membina peserta didik untuk menjalankan ajaran agamanya.

ENGLISH:

Islamic education is an effort to teach the Islamic religion and its values in order to become a person’s way of life. But the problem is Islamic education learning still less to change the cognitive religious knowledge become "meaning" and "value" or less encourages inspiration toward religious values that internalized within the learners into behaviors that are practiced in his life. This study aims to describe: 1) Kinds of Islamic values that have been internalized, 2) Implementation of model method, and 3) Implementation of conditioning method in internalizing of Islamic values at SMA Negeri 2 Pare Kediri and SMA PSM Plemahan Kediri. This study used a qualitative approach, the kind of case study, with multi-case design. The collection of data is used by the method of observation, interview, and documentation. Technique of data analysis is data reduction, data display, and conclusion. The validity of data used credibility with source triangulation and method triangulation, transferability, and dependability. Research findings shows: 1) Islamic values that has been internalized derived from Al-Quran and Hadits. The kind of value that internalized is ilahiyah value i.e. the value of devotion, insaniyah value i.e. the values of courtesy, tolerance and harmony, tolerance, discipline, moral values and concern for the environment i.e. cleanliness value. 2) Model method is applied by making role model personification of value of being a role model. The figure that is made into exemplary model at SMA Negeri 2 Pare Kediri i.e. Islamic education teacher, Physics teacher, Deputy Head of the student section, while at SMA PSM Plemahan Kediri i.e. principal, Islamic education teacher, Economic teacher, Deputy Head of the student section. The characteristics of the figure to be exemplary students is having the authority and consistency in running a good exemplary attitude on learners. 3) Conditioning method is done through conditioning learning in the classroom and in the school environment, as well as incidental and programmed conditioning in the outside of classroom. The process is begun by giving of knowledge (transformation of value), awareness (transaction of value), and practice (transinternalization of value). The characteristic of success are mostly still in the phase of responding and valuing, although there are already accustomed to practising or have become characters. Internalization can be done if there are figures and conditioning the entire stakeholder in developing the students to run his religious teaching.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Sutiah, Sutiah
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSutiah, SutiahUNSPECIFIED
Keywords: Internalisasi; Nilai-Nilai Agama Islam; Metode Keteladanan; dan Pembiasaan; Internalization; Islamic Values; Model and Habitual Method
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2018 14:56
Last Modified: 13 Apr 2023 13:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8524

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item