Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk karakter peserta didik pada kurikulum 2013

Afifah, Nur (2015) Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk karakter peserta didik pada kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13770025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam serta menanamkan nilai-nilai moral ke dalam sikap dan perilaku para peserta didik. Karena Pendidikan Agama bertujuan untuk meningkatkan potensi spiritual sekaligus membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, yaitu berkaitan dengan etika, budi pekerti, dan moral. Namun realitas menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah masih terpaku pada pencapaian penguasaan materi saja sementara kegiatan pembelajarannya belum menyentuh pada aspek pembentukan karakter peserta didik. Akibatnya pembentukan karakter peserta didik dan pembangunan karakter bangsa tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Maka dari itu dibutuhkan kurikulum yang mengarah pada pembentukan karakter peserta didik guna membenahi problem-problem pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Karena kurikulum yang digunakan di negara Indonesia pada umumnya hanya fokus pada pengembangan pengetahuan siswa, untuk itu kurikulum harus selalu disusun dan disempurnakan sesuai dengan perkembangan zaman. Upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut, melalui kurikulum 2013 merupakan sebuah solusi yang diharapkan dan dapat diterapkan secara benar untuk menghasilkan peserta didik yang cerdas beriman. Karena kurikulum 2013 menekankan pada pentingnya pembentukan karakter dan menyeimbangkan kemampuan soft skills dan hard skills yang berupa sikap, keterampilan dan pengetahuan. Berangkat dari permasalahan di atas, fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Kediri, (2) Bagaimana strategi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Kediri, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Kediri, dan (4) Bagaimana dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis studi kasus dan rancangan multi situs. Sesuai dengan Miles dan Huberman, teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang ada di SMPN 1 Kediri dan SMPN 3 Kediri berdasar temuan lintas situs yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus; (2) strategi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kediri dan SMPN 3 Kediri antara lain melalui kegiatan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, strategi dalam pembentukan karakter, metode dan strategi pembelajaran kurikulum 2013 yang digunakan, sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan; (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kediri dan SMPN 3 Kediri yaitu menggunakan penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, serta teknik atau langkah-langkah guru dalam menilai dan instrumen penilaian yang digunakan; (4) dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter peserta didik di SMPN 1 Kediri dan SMPN 3 Kediri sama-sama berdampak positif bagi pembentukan karakter peserta didik, yang berdampak pada pembelajaran, akhlak terhadap guru dan lingkungannya. Tetapi dalam faktor kesadaran diri siswa untuk melakukan sholat dhuha di SMPN 3 masih kurang jika dibandingkan dengan SMPN 1 Kediri.

ENGLISH:

Islamic Education and Good Manner is an education that prepares students to believe, understand and practice the teachings of Islam and inculcate moral values into the attitudes and behavior of the learners. Because of religious Education aims to improve the spiritual potential as well as forming students to become a man of faith and devoted to God Almighty and noble, which is related to ethics, manners, and morals. However, reality shows that the implementation of Islamic education in schools is still fixated on achieving mastery of course material while learning activity has not been touched on aspects of character formation of students. Consequently character formation of students and the development of the nation’s character can not run as expected. Thus the required curriculum leads to the formation of the character of the students in order to fix the problems of the implementation of Islamic Education in schools. Because the curriculum used in the country of Indonesia in general only focus on the development of student’s knowledge, to the curriculum must always be prepared and perfected in accordance with the times. Efforts to improve these problems, through curriculum 2013 is a solution that is expected and can be applied correctly to produce an intelligent learners believe. Because the curriculum in 2013 emphasizes the importance of the formation of character and balance the soft skills and hard skills in the form of attitudes, skills and knowledge. Departing from the above problems, the focus of this study were (1) How to design learning Islamic education and manners in shaping the character of students in State Junior High School 1 and State Junior High School 3 Kediri, (2) How does learning implementation strategy Religious Education Islam and morality in shaping the character of students in State Junior High School 1 and State Junior High School 3 Kediri, (3) How to evaluate learning Islamic education and manners in shaping the character of students in State Junior High School 1 and State Junior High School 3 Kediri, (4) What is the impact of Islamic education learning and Budi Character in shaping the character of students in State Junior High School 1 and State Junior High School 3 Kediri. This study used a qualitative descriptive approach, with the type of case studies and multi-site design. According to Miles and Huberman, data analysis techniques include data reduction, data presentation and verification of data. Checking the validity of the data using triangulation of data and the triangulation method. The results showed that: (1) planning learning Islamic education and manners in the State Junior High School 1 Kediri and State Junior High School 3 Kediri based on the findings of site traffic that is using the lesson plan and syllabus; (2) the implementation of the strategy of learning Islamic education and manners in the State Junior High School 1 Kediri and State Junior High School 3 Kediri, among others, through the activities of the teacher in delivering the subject matter, the strategy in the formation of character, learning methods used, learning resources and media learning that is used; (3) evaluation of learning Islamic education and manners in the State Junior High School 1 Kediri and State Junior High School 3 Kediri is using competency assessment attitudes, knowledge and skills, teachers are also concerned about valuation principles, types of assessments and instruments assessments is used; (4) the impact of learning Islamic education and manners in shaping the character of students in State Junior High School 1 Kediri and State Junior High School 3 Kediri equally positive impact on the formation of the character of the students, which have an impact on learning, morals against teachers and environment. But the factor or self awareness of students to pray dhuha in State Junior High School 3 is still less when compared to the State Junior High School 1 Kediri

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi and Aziz, Rahmat
Keywords: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Karakter; Kurikulum 2013; Islamic Education and Budi Character; Character; Curriculum 2013
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:54
Last Modified: 12 Jan 2018 07:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item