Ayatullah, Ayatullah (2014) Hubungan pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa SMAN 1 Keruak Lombok Timur Nusa Tengara Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan budi pekerti, kecerdasan emosional, dan kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai aktifitas manusia, sebagai salah satu alat untuk mempermudah mencapai tujuan. Pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional untuk mengendalikan keinginan-keinginannya, membatasi berbagai macam hasratnya, dan menetapkan berbagai sasaran aktifitas terhadap kedisiplinan dalam menaati berbagai macam peraturan yang diterapkan di SMAN 1 Keruak Lombok Timur Nusa Tengara Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa SMAN I Keruak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 105 siswa pada siswa kelas X dan XI jurusan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner (40 item pertanyaan untuk variabel pendidikan budi pekerti, 21 item pertanyaan untuk variabel kecerdasan emosional dan 24 item pertanyaan untuk variabel). Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yaitu Uji Dua Pihak (Two Tail). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel hubungan pendidikan budi pekerti dengan kedisiplinan siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel hubungan pendidikan budi kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel hubungan pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa Dengan demikian, pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional mempunyai andil yang cukup besar dengan kedisiplinan siswa sehingga sudah menjadi keharusan bagi tenaga pendidikan untuk selalu memperhatikan pengembangan pendidikan budi pekerti dan kecerdasan emosional guna mendongkrak kedisiplinan belajar anak didiknya tanpa melupakan faktor-faktor lain yang juga berhubungan dengan kedisiplinan siswa. Oleh karena itu, guru menjadi ujung tombak dalam menyampaikan, menginternalisasikan pendidikan budi pekerti pada diri anak didik. Ditengah-tengah proses belajar guru dituntut untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar, dan bertingkah laku dengan baik, dan disiplin sesuai nilai, moral, norma dan budi pekerti yang berlaku selama di sekolah. Guru juga harus bisa membimbing dan membina siswa supaya bersikap disiplin dimana kunci utamanya berada dalam diri guru agar bisa memberikan keteladanan yang baik bagi siswa.
ENGLISH:
Moral education, emotional intelligence, and discipline are very important to every human activity, they are like easy tool to goal. The moral education and emotional intelligence controlling human desires, limiting ambitions, and chosening some goal of activity to discipline in adhering some Primary Senior High School 1 Keruak East Lombok West Nusa Tenggara rules. As we have knouwn together, that moral and emotional intelligence education is one of more topics in education world. So that, this research has one purpose to know and discribe the corelation between moral education and emotional iIntelligence with the the discipline of students SMAN I Keruak. This research is using quantitative methode by any samples about 105 students for tenth class and eleveth class of alls department. And also, the collecting of data in conducting by spreading and distributing any quisioners, 40 items of questions for the moral education variables and 21 items of questions for the emotional intelligence variables and 24 items of questions for the discipline of students. Analysis methode are used in this research is statistic Analysis describtive statistic and inferensial statistic that is two tail The result of this research indicates that there are significant relations between moral education and emotional iIntelligence with the the discipline of students. This conclution is taken from the deep analysis of data. So, the moral education and emotional intelligence has the important roles with the the discipline of students. And then, the all teachers must pay attention the moral education and emotional iIntelligence to increase the discipline of students without ignoring the other factors ad principles whic has relation whith the discipline of students. So that, the teachers has the big roles to increase the moral and emotional intelligence to the all students, and they also always give more motivitions to the students for studying, making good attitudes and discipline according to the all valuses in their environment. The teachers also must conduct and teach the students in order to make good attitudes and do the discipline. So, we can conclute that the all teachers must set an example of moral education and emotional intelligence for the all students.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Bashith, Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Budi Pekerti; Kecerdasan Emosional; Kedisiplinan; The Moral Education; Emotional Intelligence; the Discipline | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 14:55 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 14:55 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8498 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |