Zumrudiyah, Reni (2014) Pola asuh orang tua karir dan non karir dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam : Studi multikasus di Kelurahan Kauman Kota Blitar dan Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Setiap anak tumbuh dan berkembang. Sebelum mengalami proses pendidikan di sekolah, mereka menjalani hari-harinya bersama keluarga. Sayangnya saat ini para orang tua banyak yang mengabaikan pentingnya interaksi orang tua dengan anaknya. Terutama para orang tua yang dua-duanya mengejar karier dan lebih mempercayakan pengasuhan anaknya kepada orang lain. Padahal ikatan batin antara orang tua dengan anak akan bisa terjalin dengan erat manakala hubungan keduanya terdapat kegiatan interaksi yang berkesinambungan dan komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara orang tua karir dan non karir dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Islam di Kelurahan Kauman Kota Blitar dan Kelurahan Dinoyo Kota Malang, dampak pola asuh orang tua karir dan non karir dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam di Kelurahan Kauman Kota Blitar dan Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang yang diwawancarai. Keabsahan data dicek dengan prosedur triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, kebanyakan orang tua di daerah Kauman dan Dinoyo: 1) mendidik anaknya sendiri di rumah; 2) masuk ke TPQ/ madrasah, bagi orang tua yang sibuk mereka memasukkan anak-anak ke sekolah full day school; 3) memberikan cerita kisah-kisah tauladan nabi-nabi; 4) mengajak cerita apa yang dialami; 5) mencontohkan dan membiasakan, misal mengajak ke masjid, melatih berpuasa, sholat lima waktu, dan akhlak mulia. Dampak positif: anak- anak menjadi disiplin dan teratur, karena orang tua menekankan pada anak-anak yang harus mereka lakukan, meskipun orang tua juga memberikan kebebasan pada anak-anaknya. Pendidikan agama dari orang tua dan juga dari TPQ merupakan pondasi kuat untuk kehidupan anak-anak ini. Dampak negatifnya: anak-anak mudah terpengaruh dengan kehidupan yang lebih mewah, karena anak- anak ini hidup dengan kebebasan juga tekanan orang tua, dan dengan kehidupan yang serba pas-pasan.
ENGLISH:
Every child grows and develops. Before experiencing educational process in the school, they go about the day-to-day with the family. Unfortunately today many parents overlook the importance of the interaction of parents with their children. Especially those parents who are both pursuing careers and more entrust the care of their children to others. Though the bond between parent and child will be closely intertwined with the relationship when there is a continuous interaction activities and good communication. This study aims to describe how the career and non-career parents in instilling the values of Islamic Education in Sub Kauman Blitar and Malang Dinoyo, the impact of parents' parenting career and non-career in planting the values of Islamic Education in Sub Kauman City Blitar and Malang City Dinoyo. This study includes qualitative description, in collecting the data, the researcher used observation, interview and documentation. For the analysis of researchers mengguanakan qualitative descriptive analysis techniques in the form of data written or oral from the interviewee. The validity of the data is checked by triangulation procedure. The study states that, most parents in the area and Dinoyo Kauman: 1) to educate their children at home; 2) enter the TPQ / madrasah, for busy parents they put the children to school full day school; 3) provide a role model stories stories of the prophets; 4) invite the story what happened; 5) exemplifies and get used, eg invite to the mosque, practice fasting, praying five times, and noble character. Positive impact: children to be disciplined and organized, because the parents emphasize to children that they should do, although parents also give freedom to their children. Religious education from parents and also from TPQ is a strong foundation for the lives of these children. Negative impact: children easily influenced by a more luxurious life, because these children live with freedom also parental pressure, and the life which is too mediocre.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Mulyono, Mulyono | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pola Asuh; Orang Tua Karir; Orang Tua Non Karir dan Nilai- Nilai Pendidikan Islam; Parenting; Parents Career; Non-Career Parents and Values of Islamic Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 14:55 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 14:55 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8491 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |