Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter siswa di MI Tasmirit Tarbiyah Trenggalek

Affandi, Mohammad Rizal (2016) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter siswa di MI Tasmirit Tarbiyah Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Ketidak disiplinan yang terjadi di sekolah merupakan sebuah masalah yang perlu diperhatikan untuk kemajuan sekolah. Tingkat kedisiplinan siswa akan mempengaruhi kualitas sekolah. Keadaan tersebut mendorong lembaga pendidikan untuk melakukan sebuah program yang memiliki tanggung jawab untuk memberi pengetahuan, ketrampilan, dan mengembangkannya baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Salah satu pendidikan non formal tersebut adalah melalui pendidikan kepramukaan.

Tujuan penelitian ini: (1) Mendiskripsikan cara pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek (2) Mendiskripsikan cara pembentukan nilai karakter siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah Pembina Pramuka MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek dan siswa MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) pramuka di MI Tasmirit Tarbiyah dilaksanakan hari Minggu pukul 07.00 – 10.00 WIB. Kegiatan pramuka diawali dengan upacara pembukaan dan diakhiri dengan upacara penutupan. Ada beberapa kegiatan dan materi yang disampaikan oleh pembina. a). Kegiatan latihan rutin dengan adanya upacara pembukaan, materi dan upacara penutup. Serta adanya kegiatan menempuh SKU. b). Kegiatan penjelajahan dengan materi Menunjuk 8 arah mata angin dengan menggunakan kompas. c). Kegiatan perkemahan satu hari dengan materi Membuat lambang gerakan pramuka dari bahan yang ada. Materi diatas merupakan alat pendidikan yang digunakan untuk menanamkan nilai karakter kepada siswa. (2) Dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler pramuka ini sangat berpengaruh dengan perilaku peserta didik baik sebelum masuk kelas, di dalam kelas, maupun di luar sekolah misal di dalam keluarga dan di masyarakat.

ENGLISH:

Indiscipline happens in schools is a problem that needs to be considered for the betterment of the school. The level of student discipline will affect the quality of the school. The state encourages educational institutions to make a program that has the responsibility to provide the knowledge, skills, and develop them both through formal and non formal education. One of the non-formal education is through scouting education. The scouting movement as a scouting organization that is involved in the world of non-formal education that is trying to help governments and communities in building the society and the nation.

The purpose of this study: (1) To describe how the implementation of extracurricular scout in MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Psychology (2) To describe how the formation of the character values of students through extracurricular scout in MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek.

To achieve the above purpose, used a qualitative approach and descriptive research. Subjects were Scoutmaster MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Trenggalek and students MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Psychology. Methods of data collection in this study using observation, interview and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and verification/conclusions.

It can be concluded that, (1) a scout in MI Tasmirit Tarbiyah held Sunday at 07:00 to 10:00 pm. Boy Scout activities beginning with the opening ceremony and end with a closing ceremony. There are several activities and material submitted by the builder. a). Routine exercise their activities with the opening ceremony, the closing ceremony of the material and. As well as the activities taking SKU. b). Referring material exploration activities with 8 points of the compass by using a compass. c). Day camp activities with material Make scout movement emblem of the existing materials. The material above is an educational tool used to instill character values to students. (2) With their extra-curricular activities the scouts are very influential with the behavior of learners well before entering the classroom, in the classroom, and outside of school for example in the family and in society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka; Pembentukan Karakter; Scouts Extracurricular ; Character Formation
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:14
Last Modified: 12 Jan 2018 08:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item