Fauzi, Ahmad (2016) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Doraemon yang berjudul Stand By Me dan implementasinya dengan pendidikan akhlak di MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu dilakukan demi terwujudnya pribadi yang berakhlaq mulia karena dengan akhlak mulia merupakan tujuan akhir dari suatu pendidikan. Salah satunya dalam mewujudkan pribadi yang berakhlaq mulia adalah dengan mengambil nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah film sebagai media pembelajaran dalam membentuk karakter dan akhlak yang diterapkan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga pendidikan. Karena itu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendidikan karakter bagi peserta didik dalam membangun akhlaq peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Doraemon yang berjudul Stand By Me. dan (2) mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Doraemon yang berjudul Stand By Me dengan pendidikan akhlak di MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rangcangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi wawancara dan observasi. Informasi penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para guru. Data yang diperoleh dari hasil analisis film, informasi dari sekolah kemudian diteliti, ditafsir dan dianalisis dengan analisis data isi terkait film Doremon dan analisis data kasus. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi metode.
Temuan penelitian menunjukan bahwa: Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam Film Doraemon yang berjudul Stand By Me memiliki 14 nilai pendidikan karakter dan Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Doraemon yang berjudul Stand By Me dengan pendidikan akhlak di MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan melalui (1) Perencanaan dengan menetapkan nilai-nilai pendidikan karakter, membangun kegiatan pendidikan akhlak dan menyediakan fasilitas. (2) Pelaksanaan dengan mengintergrasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan rutin madrsah dan kegiatan ekstrakulikuler (3) Evaluasi dilakukan dengan pengawasan dan pemantuan, pengecekan buku kombinasi serta mengadakan forum paguyuban orang tua murid.
ENGLISH:
Character education in Indonesia felt very necessary for the realization of personal that has glorious moral because glorious moral is the last goal of an education. One of the ways for realizing of glorious personal morality is to take the values in a film as instructional media in sharping the character and morals that implemented through activities in educational institutions. Because of the educational institutions have a duty and responsibility to conduct character education for learner in building the morality of learners.
The aim of this study describes: (1) knowing the values of character education in the film titled Doraemon film titled Stand by Me. and (2) knowing the implementation of educational values of character education contained in the film Doraemon by the title Stand By Me with moral education in MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan.
This study used a qualitative approach using case studies design. The data collection is done with documentation of interviews and observations. The informants of this research is headmaster, vice principals, and teachers. Data obtained from the analysis of the film is information that gets from school and then it is studied, interpreted and analyzed by the data analysis from Doremon film related content and data cases analysis. While checking the validity of the data used sources and methods triangulation.
The findings showed that: The values of character education contained in the movie Doraemon entitled Stand By Me has 14 values of character education and implementation of the values of character education contained in Doraemon film titled Stand By Me with moral education in MIN Kawistolegi Karanggeneng Lamongan through (1) Planning by applying the values of character education, moral education building activities and facilities. (2) Implementation by integrating the values of character education through learning activities, madrasah routines and extracurricular (3) Evaluation was conducted with the supervision and monitoring, checking the combination book and create a forum for the parents community.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Film Doraemon; Implementasi; Pendidikan Akhlak; Character Education; Doraemon Film; Implementation; Moral Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:15 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8422 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |