أستراتيجية تنظيم غرس القيم في القرآن: دراسة عن قصة سيدنا إبراهيم وأبنه سيدنا إسماعيل عليهما السلام

Emhmed Ataib, Zeinab Hassan (2014) أستراتيجية تنظيم غرس القيم في القرآن: دراسة عن قصة سيدنا إبراهيم وأبنه سيدنا إسماعيل عليهما السلام. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Melalui kisah-kisah dalam al-Qur`an jelas bagi kita akan urgensi nilai-nilai serta penanamannya pada diri anak-anak, yaitu nilai-nilai yang harus diperhatikan dan diterapkan dalam bahan kurikulum khususnya pada tingkat Madrasah Ibtida`iyah. Dan juga harus diketahui jenis-jenis nilai yang diajarkan dalam kisah tersebut. Demikian pula strategi apa yang diterapkan oleh Nabi Ibrahim as. dalam menanamkan berbagai nilai kepada putranya Ismail as.

Wajib pula dijelaskan alur cerita kisah nabi Ibrahim as. dan putranya Ismail as. Dan urgensi (kisah tersebut) dalam penanaman nilai-nilai serta dijelaskan berbagai macam nilai yang disarikan dari kisah tersebut; juga dijelaskan strategi-strategi yang diterapkan oleh nabi Ibrahim as. dalam menanamkan nilai-nilai tersebut.

Studi ini berpijak pada penceritaan kisah dalam al-Qur`an,
penulisan, juga penafsiran ayat-ayat dengan bantuan kitab-kitab tafsir modern dan klasik, kemudian analisa ayat-ayat dan mengungkap nilai dan macam-macamnya serta strategi yang dikandungnya. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya iman, keyakinan dan doa kepada Allah merupakan faktor terpenting penyebab keberhasilan.

Sementara dialog adalah landasan untuk meyakinkan orang lain, ia memiliki aturan dan tatakrama. Bagi pendidik dapat menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran hingga mencapai tujuan, sebagaimana sebutan guru dengan ahlak yang mulia, maka hal itu penting dalam tugasnya, adapun merealisasikan kesempurnaan adalah tujuan dari seorang pendidik.

ABSTRACT

The stories in Quran have values that are needed to learn by
children. The values need to be implemented in curriculum materials, especially in Islamic elementary school.

Moreover, it is very important to consider the type of values taught in those stories and learn the strategy of Prophet Ibrahim in educating his son, Ismail, with the values. It is also important to further explain the values of the stories and the strategies implemented by Prophet Ibrahim.

This study is based the Quran’s story, the writing, and the
interpretation of its verses using modern and classic interpretation books. Then, the researcher analyzes the verses and discovers the values types and the strategies. The study is a librarian research.

The result of this study shows that faith, belief and the act of pray to Allah are the key factor of success. While dialog is the media to convince other people. It has its rules and etiquette. Educators can use various teaching methods and media to achieve the goals. Being called for having a noble character, teachers should make efforts to achieve the goal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Abidin, Munirul and Rofiq, Aunur
Keywords: أستراتيجية; غرس القيم; قصة سيدنا إبراهيم; Strategy; Values Education; Story of Prophet Ibrahim as; Strategi; Penanaman Nilai-Nilai; Kisah Nabi Ibrahim as
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:38
Last Modified: 23 Oct 2017 08:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item