Pasaribu, Baharuddin (2014) تقويم كتاب اللغة العربية للصف الخامس الابتدائى للمجلس الإسلامي السنغافورة (MUIS). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Para pakar kurikulum pendidikan aktif memberikan atensi kongkrit terhadap korelasi sebuah kurikulum dengan buku diktat, dalam perspektif fungsi buku diktat sebagai sebuah komponen penting dalam struktur kurikulum. Buku diktat memiliki nilai substansi yang terkombinasi bagi para pelajar di periode pembelajaran yang berbeda, bahkan sampai ke level yang membuat buku tersebut dijadikan sebagai satu-satunya referensi oleh pengajar dan pelajar dalam menyelesaikan proses pembelajaran. Untuk itu, Unit Strategi Madrasah di bawah naungan MUIS (Majlis Ugama Islam Singapura) membuat beberapa proyek kodifikasi buku silsilah Bahasa Arab bagi Madrasah-Madrasah di Singapura. Silsilah tersebut dikarang oleh seorang penulis Arab, terdiri dari enam juz, dan tiap juz meliputi Kitab Durus, dan Kitab
Aplikasinya. Namun kenyataannya, dalam proses pembelajaran silsilah ini terdapat banyak kesulitan yang dihadapi oleh Para Pangajar dan Pelajar, karena sebagian dari konten budaya, bahasa, dan psikologi dalam buku itu tidaklah sesuai dengan kemampuan Para Pelajar. Bahkan, ada beberapa Madrasah yang justru menggunakan buku kelas lima untuk dua kelas sekaligus, yaitu kelas lima dan kelas enam. Sedangkan buku kelas enam digunakan untuk Madrasah Tsanawiyyah kelas satu. Untuk itulah, Peneliti membuat penelitian ini agar bisa menjadi kontribusi positif di dalam memberikan saran konstruktif terhadap Buku Bahasa Arab kelas lima, agar sesuai dengan kapasitas anak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis. Sedangkan sumber data didapatkan oleh Peneliti dengan tiga cara: dokumentasi berupa Buku Bahasa Arab Kelas lima, Wawancara dengan para Pengajar buku tersebut, dan Pooling (survey) kepada para pelajar. Sedangkan analisa data menggunakan metode analisis isi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: buku ini memiliki keunggulan dan kekurangan. Keunggulannya tercermin dari materi bacaan yang padat, disusun oleh para ahli ilmu Pendidikan dengan tingkat kualitas bahasa yang tinggi dan desain seni yang indah. Sedangkan kekurangannya dikarenakan buku ini lebih terfokus kepada satu kemampuan bahasa saja, yaitu membaca, dan tidak menguatkan kemampuan bahasa yang lainnya kecuali hanya dalam porsi yang sedikit. Begitu juga, terdapat banyak keluhan dari para Pengajar dan Pelajar di dalam menggunakan buku ini karena tingkat bahasanya yang tinggi sehingga tidak sesuai dengan kapasitas anak.
ABSTRACT
Curriculum experts have always put a great emphasis on the explanation of the correlation between the curriculum and the school’s textbook as it is seen as an important component in the overall structure of the curriculum. The textbook is a common denominator among students at various stages of education and to a certain extent; it may be a single source for the teacher and the learner to complete the learning process. Therefore, the Madrasah Strategic Unit under the auspices of the Islamic Religious Council of Singapore embarked on projects in writing a series of Arabic language textbooks for teachers in Singapore’s Islamic school. It is then written by an Arab author. The series consist of six chapters with each chapter comprising of a textbook and a language workbook.
In fact, in the process of teaching of these books, many teachers and students experienced with lots of difficulties and obstacles. This is due to the fact that some contents of culture, linguistic and psychologic are not suitable for the students’ abilities. There are even some schools that used the primary five textbook for two classes, i.e. primary five and six whereas the primary six textbook is used in secondary one. Thus, the researcher came up with this study specifically to provide constructive critiques on the book to better suit the students’ abilities.
The type of research used in this study is descriptive analytical. The sources are obtained in three methods; documentation of the textbook, interview with teachers and questionnaire for students. As for data analysis, the method used is content analysis.
The results for the study can be summarized as follow: the book has its strengths as well as weaknesses. These strengths are clearly seen in the richness of its reading materials, and the expertise of its authors in the field of education, and the high level of language used, and its beautiful book cover. Meanwhile, the shortcoming of this book is in its focus on reading skill alone, hence forsaking the other skills to most extent if not all. On top of this shortcoming, there are a lot of complaints from both teachers and students alike on the bombastic language used in the book that is not suitable for their level.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | محتوى; أهداف; مناسبتقويم; تحليل; Analysis; Evaluation; Content; Objective; Correlation; Analisa; Evaluasi; Konten; Objective; Korelasi | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2017 15:38 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 10:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |