Rifqi Junaedi, Mohammad (2014) تصميم المنهج الدراسي لتعليم مهارة الكلام في معهد "البر" سانجارجو بانداآن باسوروان بالجاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Pesantren Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan adalah salah satu lembaga pembelajaran yang mengembangkan Bahasa Arab di dalamnya. Pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Al Beer menekankan dalam penguasaan tata bahasa (qowaid) dan keterampilan berbicara (maharah kalam). Dalam pembelajaran tata bahasa pondok pesantren Al Beer mendapatkan hasil yang memuaskan dikarenakan pembelajaran tata bahasa ini mendapatkan perhatian yang sangat bagus dari pengasuh dan pengurus pondok, Berbeda dengan keterampilan berbicara yang kurang diperhatikan dalam penerapan pembelajarannya sehingga mencapai hasil yang kurang maksimal, dari hasil penelitian penulis ditemukan beberapa masalah yang menjadi penyebab dari pencapaian buruk ini diantaranya: (1) acuan pembelajaran yang kurang sesuai, (2) tidak adanya bekal kosakata yang dimiliki santri untuk berbicara bahasa Arab, (3) sistem pembelajaran yang kurang efektif, (4) tidak adanya rasa ketertarikan santri untuk berbicara bahasa Arab.
Berdasarkan masalah di atas, Peneliti melakukan riset dan pengembangan dengan merumuskan pertanyaan berikut: (1) Bagaimanakah desain silabus untuk pembelajaran kalam di Pondok Pesantren Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan untuk tingkat dasar, menengah, tinggi. (2) Seberapa jauh efektifitas silabus yang dikembangkan menurut para ahli.
Peneliti melaksanakan penelitian ini dengan menggunakan metode R&D (Riset & Development) dengan mengikuti langkah-langkah J. Yalden dalam mengembangkan program pembelajaran atau dalam hal ini silabus untuk pembelajaran keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan
Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Silabus pembelajaran keterampilan berbicara untuk Pondok Pesantren Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan dalam tiga tingkatan yaitu tingkat dasar, menengah dan tinggi. Silabus ini terdiri dari: Tujuan pembelajaran, Indikator, Materi, Kegiatan, Metode, Evaluasi, Media pembelajaran, Waktu pembelajaran dan Kegiatan kebahasaan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara. (2) Menurut para ahli silabus yang didesain memiliki tingkat penggunaan “sangat baik” dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara. dan setiap setelah validitas ahli peneliti melakukan pembenaran sesuai dengan masukan dan analisis para ahli.
ABSTRACT
Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan boarding school is one of the institutions that develops Arabic learning. Arabic language in boarding school emphasized through theacing the competence of grammar and speaking. In learning grammar it has been resulted a satisfactory due to the good care of the caretaker and tutor of boarding school. This is in contrast with the result of the speaking skill in which its application of the learning is poor. Therefore, the results of the study have shown its problems as follows: (1) the lack of the reference of the appropriate learning. (2) the absence of vocabulary mastery by the students to speak Arabic. (3) the learning systems are not good. (4) the lack an students interest to speak Arabic.
Based on the above problems, the researcher conducted research to formulate the following questions: (1) How is the development of syllabus for speaking do in Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan Boarding School for basic, intermediate and advance level? (2) How effective was the syllabus developed by experts.
The Researcher conducted this study by applying the R & D method (Research & Development) by J. Yalden. This aims to develop the learning programs or in this case, the syllabus for teaching speaking skills in Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan boarding school.
The results of this study are: (1) The syllabus for speaking skill for Al Beer Sangarejo Pandaan Pasuruan Boarding School is in 3 levels: basic, intermediate and advanced. The syllabus contains the objective, indicator, material, learning activity, method, evaluation, learning media, time allotment and the discussion to improve or encourage students’ ability to speak. (2) the syllabus designed according to the expert has a very good usage and can be applied in learning speaking skill, once the validity is done by the expert, the researcher verified based on the expert system and analysis
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Dimyati, Mohammad Afifuddin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تصميم المنهج الدراسي; مهارة الكلام; Syllabus Development; Speaking Skills; Desain silabus; keterampilan berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2017 10:04 | |||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2017 10:37 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |