Holimi, Muhammad (2014) فعالية تعليم اللغة العربية باستخدام كتب اللغة العربية لأغراض خاصة في البرنامج الخاصة في البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية في جامعة مولانا ماللك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Arab adalah proses pengajaran yang bertujuan untuk mendorong, mendidik, dan mengembangkan kemampuan bahasa arab yang benar. Adapun tujuan dari pembelajaran Bahasa Arab adalah untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Empat keterampilan ini telah terprogram dalam pembelajaran bahasa arab.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan Buku Bahasa Arab dengan tujuan khusus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab. 2) Sejauh mana efektifitas pembelajaran maharah al-istima’ dengan menggunakan buku bahasa arab dengan tujuan khusus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab. 3) Sejauh mana efektifitas pembelajaran maharah al-kalam dengan menggunakan buku bahasa arab dengan tujuan khusus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab. 4) Sejauh mana efektifitas pembelajaran maharah al-qiraah dengan menggunakan buku bahasa arab dengan tujuan khusus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab. 5) Sejauh mana efektifitas pembelajaran maharah al-kitabah dengan menggunakan buku bahasa arab dengan tujuan khusus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode disktiptif kuantitatif. Dengan populasi penelitian mahasiswa Pusat Pengembangan Bahasa Arab. Adapun alat untuk mengumpulkan data antara lain: 1) Observasi, 2) Intervew, 3) Angket dan 4) Ujian
Adapun hasil penelitian ini akan peneliti rangkum sebagaimana berikut: 1) Para Dosen berbeda-beda dalam mengunakan metode pembelajaran bahasa arab sesuai dengan materi dan keadaan di kelas. Metode yang sering di gunakan adalah metode Qiraah wa Tarjamah, hal ini sering menimbulkan bosan dan jenuh sehingga dosen kadang-kadang mengajak mahasiswa untuk belajar diluar. Dan terkadang juga di akhir pembelajaran diisi dengan permainan bahasa. 2) Dalam maharah al-istima’ yang paling banyak mengalami peningkatan adalah kelas A yaitu 22,59. 3) Dalam maharah al-kalam yang palinga banyak mengalami peningkatan adalah kelas B6 yaitu 20,45. 4) Dalam maharah al-qiraah yang paling banyak mengalami peningkatan adalah kelas A yaitu 18,11. 5) Dalam maharah al- kitabah mengalami penurunan nilai kecuali kelas A mengalami peningkatan yaitu 2,81.
ABSTRACT
Arabic language learning is the process of teaching that aims to encourage, educate, and develop a correct Arabic language ability. As for the goal of learning Arabic is to develop the four language skills: the skills of listening, speaking, reading and writing. Four of these skills have been hard-wired in learning Arabic.
The formulation of problems in this research: 1 ) how the implementation of the learning of languages arab by the use of a book the arabic language with a special purpose in central the development of the arabic language.2 ) the extent to which the effectiveness of arab book learning of languages by the use of the arabic language with a special purpose in central the development of the arabic language.
Methods used in this research is a method of disktiptif quantitative.With a population of study of a student development center arabic.The instrument to collect the data among other: observation, 1 ) 2 ) intervew, 3 ) poll and 4 ) the test
As for the result of this research was will researchers does in the wrap-up as follows: 1 ) the lecturer varying in use the method of learning arabic in accordance with matter and a state in class.A method of who is frequently in use is a method of qiraah wa tarjamah, it is often generates bored and saturated so that teachers sometimes asked the students to study abroad.And sometimes also in the end game of learning filled with language. 2 ) In most maharah al-istima increased is namely 22,59 class A. 3) In most maharah al-kalam increased is nemely 20,45 class B6. 4) In most maharah al-qiraah increased is nemely 18,11 class A. 5) In maharah al-kitabah decline, but of a class of increased namely 2,81.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul and Hadi, Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | فعالية تعليم اللغة العربية; كتب اللغة العربية لأغراض خاصة; the effective of learning arabic; book arabic for a special purpose; Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab; Buku Bahasa Arab Untuk Tujuan Khusus | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2017 10:02 | |||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2017 10:02 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8369 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |