Rozy, Fatkhur (2014) A deixis analysis of advertisement in Nike’s shoes slogan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09320054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Fokus pada penelitian ini adalah pada jenis deiksis yang diusulkan oleh teori Levinson. Deiksis merupakan salah satu bagian dari studi analisis wacana, yang dibedakan menjadi lima kategori, yaitu: deiksis orang, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis sosial dan deiksis wacana. Deiksis dapat ditemukan dalam berbagai jenis media. Deiksis dapat ditemukan dari televisi, koran, majalah, dan bahkan dengan browsing di internet. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis deiksis dan interpretasi yang disampaikan dari sebuah iklan sepatu terkenal yang dipilih untuk dianalisis yaitu Nike, karena terdapat sebuah informasi dan interpretasi yang mendalam atau makna yang tersembunyi.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif karena data dalam bentuk kalimat atau kata bukan angka dalam penulisan slogan atau moto. Penelitian ini merupakan bagian dari studi pragmatis yaitu “Analisis Deiksis Pada Iklan Dalam Slogan Sepatu Nike.” Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, langkah- langkah berikut dilakukan. Pertama, peneliti menonton iklan Nike di televisi, membaca majalah olahraga dan internet. Kedua, membaca sejarah iklan Nike di internet. Ketiga, mengambil gambar dari slogan Nike.
Berdasarkan temuan penelitian ini, setelah dilakukan analisa dan menafsirkan data yang diperoleh. Ditemukan bahwa deiksis orang pertama sering digunakan dan dalam hampir semua slogan penggunaan deiksis orang pertama muncul. Ini adalah kata ganti tunggal “Kami” “Saya” dan “Kami” mengacu ke pembicara. Deiksis orang pertama adalah referensi pembicara untuk dirinya sendiri. Para deixis berikutnya ditemukan yang lain dari jenis deiksis orang yaitu deiksis orang kedua dan ketiga. Deiksis orang kedua adalah “Anda” “Itu” dan “Mereka” mengacu pada pembaca. Deiksis orang ketiga adalah kata “Orang” dirujuk ke rujukan tidak diidentifikasi sebagai pembicara atau penerima dan biasanya berimplikasi pada gender.
Yang berikutnya adalah deiksis tempat dan deiksis waktu. Deiksis tempat adalah kata “Di” kepedulian terhadap spesifikasi lokasi dan deiksis waktu adalah kata “Akan” bahwa dasar untuk sistem perhitungan dan waktu pengukuran. Deiksis lain dalam slogan tersebut ditemukan kata “Semuanya.”
Akhirnya, disarankan pada peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut di daerah ini untuk menggunakan temuan ini sebagai titik awal dalam melakukan penelitian dan mereka dapat menggunakan teori Levinson yang digunakan sebagai referensi tetapi dengan objek yang berbeda seperti wawancara informal dan teks pidato, konferensi, dan lain-lain.
ENGLISH:
This research focuses on types of deixis proposed by Levinson’s theory. Deixis is one part of discourse analysis study, which is distinguished into five categories, namely: person deixis, place deixis, time deixis, social deixis and discourse deixis. Deixis can be found in many kinds of media. It can be from television, newspaper, magazines and even by browsing on the internet. In addition, the aim of this research is to investigate the kinds of deixis and the interpretation were delivered in the famous advertisement of Nike’s Shoes Slogan selected to be analyzed, because it has hidden meaning of information and deep interpretation.
This research uses a descriptive qualitative design since the data are in the form of phrase and sentence not number that is the writing of slogan. This research is about a part of pragmatic study that is “Deixis Analysis of Advertisement in Nike’s Shoes Slogan.” To collect the data in this research, the following steps are done. Firstly, the researcher picked up by watching the Nike advertisement on television, read the sport magazine and internet. Secondly, read the history of the Nike advertisement on the internet. Thirdly, took a picture of Nikes’ slogan.
Based on the findings of this research, after analysis and interpreting the obtained data. Found that the first person deixis was often used and in almost all slogans the first person deixis was existed. It were singular pronoun “Us” “I” and “We” referred to the speaker. First person deixis is grammaticalization of the speaker’s reference to himself. The next deixis were found the other of type person deixis that are second and third person deixis. The second person deixis were “Your”
“It” and “Them” referred to the readers. Third person deixis was the word “Everyone” referred to a referent not identified as the speaker or addressee and usually implies to the gender.
The next were place deixis and time deixis. The place deixis is the word “In” concern for the specification of locations and the time dexis is the word “Will” that the basis for systems of reckoning and measuring time. Other deixis in those slogans was found the word “Everything.”
Finally, it is recommended for the next researchers who are interested in doing further research in this area to use these findings as a starting point in conducting researches and they can use Levinson theory that is used as reference but with different object such as an informal interview or speech text, conference, and any others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Budianto, Langgeng | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Deiksis; Iklan; Nike; Slogan; Deixis; Advertisement; Nike; Slogan | ||||||
Departement: | Fakultas Humaniora > Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 16:04 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 16:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8360 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |