Junaidi, Junaidi (2014) اعداد مواد تعليم الأصوات العربية لدى طلاب المدرسة المتوسطة بمعهد يوسف عبد الستار كديري لومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran Bunyi bahasa Arab dengan menghasilkan produk bahan ajar bunyi bahasa Arab serta mengetahui sejauhmana efektifitas materi ajar bunyi bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara dan pengucapan bunyi bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Yusuf Abdussatar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti juga menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono, berupa: analisis kebutuhan, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, ujicoba pemakaian, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk, dan produk masal. Adapun subjek uji coba dari penelitian ini terdiri atas 27 siswa dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan teknik analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah adanya sebuah buku ajar bunyi bahasa Arab yang baru untuk pengucapan makhraj huruf hijaiyah yang disusun dengan menggunakan metode istima' dan syafawiyah yang terdiri atas delapan judul. Adapun setiap judulnya mencakup: Indikator/Tujuan pembelajaran, Petunjuk Khusus, kosakata, teks, latihan-latihan, evaluasi, daftar kosakata, dan daftar rujukan. Hasil dari validasi yang telah dilakukan oleh validator pembelajaran bahasa Arab terhadap bahan ajar ini bernilai “baik”, sedangkan hasil analisis data yang didapat melalui angket ataupun wawancara dengan guru bahasa Arab menunjukkan bahwa adanya kecocokan bahan ajar ini untuk diterapkan di MTs Yusuf Abdussatar dan dinilai “baik sekali”. Begitu pula penggunaan prodak bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan pengucapan bunyi makhraj huruf arab dan keterampilan berbicara siswa
Peneliti menyarankan kepada para peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan bahan ajar bunyi bahasa Arab dengan tujuan memperbaiki bunyi makhraj huruf hijaiyah agar tidak salah dalam pelafalanya dan terjaga dari kesalahan arti dan makna bahasa arab tersebut.
ABSTRACT
This research aims at developing pronouncing Arabic teaching materials and knowing the effectiveness of the materials developed on pronouncing and speaking skill for II grade students in Junior High School Yusuf Abdussatar.
This research used studies development method with qualitative and quantitative approaches. The researcher also used the research steps for developmental by Sugiono, that is: requirements analysis, data and information collection, product design, design validation, testing use, product revition, product trials, product revition and mass product. The samples of this research are 27 students and a teacher of Arabic language. The methods to collect the data used by observation, interview, and questionnaire. The analysis of the data used by content analysis technique, a descriptive analysis, and a descriptive statistic analysis.
This study result a new pronouncing materials to improve pronouncing Skill, which contain four lessons. And each lesson includes, purpose or indicator adn specific instruction, new vocabulary, text, practices, evaluation, list of vocabulary and references. The final assessment of this teaching materials developed from the validators resulted the score which means "good", and the result of data analysis obtained from the questionnaires and interview with the school that the appropriate degree of these materials for application in this institute has a score which means "very good". This result indicates that the use of teacher materials developed to help them more in the performance of pronoun or speech, and materials were developed good and effective in promoting students pronouncing and speaking skills.
The researcher suggest that the next researchers develop the materials of another skills with the pronouncing sound Arabic language for improve other skills: listening, reading, writing to improve students proficiency.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Hamid, Mohammad Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الأصوات العربية لدى طلاب المدرسة المتوسطة; The soun of Arabic in Junior hight scool; Bunyi Bahasa Arab Untuk Tingkat Tsanawiyah | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2017 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 11:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8350 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |