Fitriana, Umi Nur (2014) تطوير مادة المفردات لبرنامج "العربية اليومية" على أساس الطريقة الاتصالية لترقية استعاب المفردات وتطبيقها بمدرسة خير أمة ٢٠ الإبتدائية النموذجية بمالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
12720070.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah materi ajar khusus untuk pembelajaran mufrodat bahasa Arab di HSG SD Khoiru Ummah 20 malang berdasarkan metode komunikatif. Tidak adanya bahan ajar sebagai sumber belajar bagi guru dan siswa dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar yang efektif di sekolah adalah dasar pijakan penelitian ini. Untuk itu, peneliti melihat bahwa metode komunikatif sangat cocok untuk tujuan utama pembelajaran bahasa arab di sekolah dan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab khususnya mufrodat.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta memakai langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono dengan midifikasi. Adapun subjek coba dari penelitian ini terdiri dari 15 orang siswa dan guru 2 bahasa Arab di HSG SD Khoiru Ummah 20 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan teknik analisis isi, analisis deskriptif dan analisis statistik deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah buku ajar mufrodat untuk meningkatkan kemahiran berbicara dengan bahasa Arab yang sederhana dengan menggunakan metode komunikatif untuk HSG SD Khoiru Ummah 20 Malang. Hasil dari validasi yang telah dilakukan oleh para validator pembelajaran bahasa Arab terhadap bahan ajar ini secara umum dinilai “baik sekali”, sedangkan hasil analisis data yang didapat melalui angket dengan guru bahasa Arab menunjukkan bahwa kecocokan bahan ajar ini untuk diterapkan di HSG SD Khoiru Ummah 20 Malang dinilai “baik sekali”. Dan penggunaan produk bahan ajar yang telah didesain memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam meningkat ketrampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan mufrodat yang telah dipelajari bagi para siswa.
ABSTRACT
This research was intentionally performed to design a specific Teaching Material for teaching of Arabic vobularys at the Home Schooling Group of Elementary School Khoiru Ummah 20 Malang based on communicative method. The reason of choosing this topic was the absence of an integrated Teaching Materials which can be used as a guide for teachers and students to perform an effective learning and teaching process in that school. The author assumed that the communicative method is relevant with the main goals of Arabic vocabulary theaching in this school and useful to motivate the students learning Arabic language.
This development research with qualitative approach, used a model proposed by Sugiono. The subjects of the research were 15 students and two teachers of Arabic language from the Home Schooling Group of Elementary School Khoiru Ummah 20
Malang. The data was collected by using observation, interview and questionnaire. The data was then analysed by using a content analysis technique, a descriptive analysis ant a descriptive statistic analysis.
The result of this study is a Vocabulary Theaching Material to improve speaking skill in Arabic based communicative method for the Home Schooling Group of Elementary School Khoiru Ummah 20 Malang. The final assesment of this designed Theaching material from the validators resulted the score which means “very good”. The result of data analysis obtained from the questionnaires with the teachers shows that the suitability of the desighned teaching materials to be applied at the Home Schooling Group of Elementary School Khoiru Ummah 20 Malang has a score which means “very good”. And the experiment appointed that using product handbook could improve the ability of students to speak Arabic using vocabularys which was studied by them.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamid, Mohammad Abdul and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير; مادة المفردات; الطريقة الاتصالية; Design; Teaching Material; Vocabulary; Communicative Method; Pengembangan Bahan Ajar; Mufrodat; Metode Komunikatif | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2017 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 13:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8348 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |