Code switching used by English beginners in EF (English First) Malang

Fitri, Auliya (2013) Code switching used by English beginners in EF (English First) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08320067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (485kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Skripsi ini meneliti tentang penggunaan code switching dalam bahasa yang digunakan oleh para pelajar bahasa Inggris Pemula di EF (English First) Malang. EF adalah sebuah lembaga pendidikan swasta terbesar di dunia yang menjadi lembaga kursusan bahasa Inggris yang paling diminati dan memiliki banyak siswa, jika dibandingkan dengan lembaga kursusan bahasa Inggris lainnya di Indonesia, yang berlokasi di Jalan Besar Ijen. Tujuan dari penelitian ini adalah berkonsentrasi pada jenis-jenis code switching yang digunakan oleh para pelajar bahasa Inggris Pemula di EF Malang untuk menganalisis data yang telah diperoleh dengan menggunakan teori Poplack (1980) dan struktur kalimat setelah penggunaan code switching dengan menggunakan teori dari Sugondho (1989).

Pada penelitian ini data diolah dengan menggunakan metode kualitatif karena data-data tersebut didapat dengan cara peneliti hadir di kelas untuk mengikuti proses kegiatan belajar mangajar secara langsung serta menyembunyikan identitasnya sebagai seorang peneliti dan bertindak sebagaimana siswa EF agar pengambilan data dari komunikasi para siswa dapat berjalan senatural mungkin. Data-data tersebut diambil dari pertemuan rutin mingguan dengan menggunakan beberapa alat instrument seperti alat perekan suara dan sebuah catatan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa macam cara dalam code switching yang ditemukan di dalamnya. Fenomena bahasa yang digunakan oleh para pelajar bahasa Inggris Pemula di EF Malang tersebut adalah: (1) tag switching digunakan untuk menekankan maksud; (2) intrasentential switching digunakan untuk mempermudah komunikasi dan berkomunikasi secara lebih efektif ; (3) intersentential switching digunakan untuk menyampaikan ketepatan makna. Selanjutnya, struktur kalimat yang digunakan dalam percakapan para pelajar Bahasa Inggris Pemula setelah penggunaan code switching adalah: (1) kalimat lengkap; (2) kalimat tidak lengkap. Dalam penelitian ini, penggunaan code switching didasarkan pada kedua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang gunakan secara bergantian (baik dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya).

Kesimpulannya adalah para peneliti berikutnya diharapkan mampu untuk meneliti berbagai fenomena-fenomena code switching dalam aspek yang berbeda yang tidak hanya membahas tentang jenis, fungsi, dan alasan utk dapat mengembangkannya. Lebih lanjut, pemakaian code switching tidak hanya

digunakan oleh orang-orang bilingual atau multilingual saja yang bisa berbicara dengan menggunakan beberapa bahasa dengan fasih tetapi juga bagi mereka yang baru saja mempelajari bahasa asing, misalnya bahasa Inggris untuk pemula. Jadi, penulis berharap bahwa para peneliti yang akan datang mampu menghasilkan penemuan-penemuan yang berbeda dari para peneliti sebelumnya di bidang code switching.

ENGLISH:

This study observes code switching used by English beginners in EF (English First) Malang. EF Malang is the world’s largest private education company which has become the most favorite English course and has had a lot of students rather than other English courses in Indonesia which is located in Ijen Boulevard. The purposes of this study focus on types of code switching used by English Beginners in EF Malang to analyze the data by using Poplack’s theory (1980) and grammatical pattern after the code switching used by English Beginners in EF Malang by using Sugondho’s theory (1989).

The data of the current study is analyzed by using qualitative method since the data is collected by attending the class during teaching and learning process and the researcher hidden her identity acts as a student in order to obtain the data from the students communication as natural as possible. The data collection is collected from the weekly meetings supporting by some instruments such as a stereo IC recorder and a note.

The results of this study show that there are various strategic in code switching found in occurrences. Those phenomena used by English Beginners in EF Malang are: (1) tag switching used to emphasize a point; (2) intrasentential switching used to ease communication and to communicate more effectively; and (3) intersentential switching used to convey precise meaning. Further, the patterns after the code switching used in the English Beginners conversation as grammatical patterns: (1) complete sentence; and (2) incomplete sentence. In this study, the occurrences of code switching are based on both English and Indonesian shifted by turns (from Indonesian into English or vice versa).

In conclusion, the next researchers can investigate code switching phenomena in other circumstances which do not only discuss about types, functions, and reasons but also other aspects to explore it. Furthermore, the use of code switching is not only used by bilingual or multilingual people who can speak other languages fluently but also people who have just studied foreign language such as English beginners. So, the researcher hopes that the next researchers are able to find various novelties different from the previous studies on code switching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Susanto, Djoko
Keywords: Code Switching; Komunikasi Di Antara Para Siswa; EF (English First) Malang; Code Switching; Students Communication; EF (English First) Malang
Departement: Fakultas Humaniora > Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:00
Last Modified: 12 Jan 2018 09:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item