تطوير كتاب المحاورة العربية بإستخدام التعلم التعاوني بمعهد يوسف عبد الستر بلومبوك الغربية

Amani, Nailul Almisriah (2014) تطوير كتاب المحاورة العربية بإستخدام التعلم التعاوني بمعهد يوسف عبد الستر بلومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahasa adalah bahasa yang diucap bukan bahasa yang tertulis. pernyataan ini memberitahu kepada kita untuk mengetahui bahwa dasar dari bahasa adalah untuk berbicara. Keterampilan berbicara salah satu keterampilan dasar bahasa, karena bahasa yang asli adalah keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara adalah ekspresi lisan dalam bahasa Arab untuk komunikasi sehari-hari. .maka keterampilan berbicara sesuatu yang penting dalam kurikulum pengajaran bahasa asing. Dan dianggap oleh penyelenggara bidang ini dari tujuan yang paling penting dari pengajaran bahasa asing. kita harus memperhatikan artikel, yang mengevaluasi yang menjangkau artikel ini siswa ini bertanya pada diri mengapa dan bagaimana kita mengajar

Penggunaan pembelajaran kooperatif mencapai prinsip-prinsip Islam dalam ayat "maka saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketakwaan dan janganlah kalian saling tolong menolong pada kejelekan dan maksiat”. Kaum Muslim menggunakan metode pertama dalam pendidikan kolektif di masjid- masjid dan lembaga, yang dekat dengan jalan beberapa cara pembelajaran kooperatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dialog dengan buku di bab pertama dari tahap pertama untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara perhatian pada efisiensi siswa dan kebutuhan mereka dalam hal aspek diperlukan pengetahuan, latar belakang dan tingkat kemampuan bahasa mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Muhawarah bagi siswa kelas satu semester satu dalam rangka meningkatkan keterampilan berbicara, dengan memperhatikan aspek-aspek pengetahuan yang dibutuhkan, latar belakang dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.

Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah termasuk dalam bagian penelitian “ Research & Development.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Tersusunnya buku muhawarah untuk kemahiran berbicara bagi siswa kelas satu Madrasah Yusuf abdussatar. 2) bahwa dengan buku Muhawarah yang di kembangkan, proses belajar mengajar memiliki efektifitas dan efisiensi di dalam meningkatkan kemahiran berbicara dan menarik dalam proses pembelajarannya, 3)Karakteristik dari buku Muhawarah ini adalah terdapat 13 Judul yaitu perkenalan, Tamu, Hari, Dia dan siapa dia?, Alat-alat, Rasa, Kitab, Sekolah, Restoran, Apotek, Solat Berjamaah, dan bersama dokter. Dan juga di buku ini terdapat permainan bahasa serta pembendaharaan kata-kata yang sering digunkan setiap hari.

ABSTRACT

Language is a language that is not diucap written language. This statement tells us to know that the basis of the language is to speak. Speaking skills one of the basic skills of language, because language is the native speaking skills. Speaking skills are verbal expressions in Arabic for daily communication. It so something important conversational skills in foreign language teaching curriculum. And considered by the organizers of this field from the most important goal of foreign language teaching. we must pay attention to the article, which evaluates the student reaches this article is to ask yourself why and how we teach

The use of cooperative learning achieve the principles of Islam in verse "then please menolonglah each of you in goodness and piety, and do not you guys help each other in ugliness and immorality". Muslims use the first method in collective education in mosques and institutions, which is close to the the number of ways of cooperative learning.

This study aims to develop a dialogue with the book in the first chapter of the first stage to improve students' speaking skills attention to the efficiency of the students and their needs in terms of the necessary aspects of knowledge, background and level of their language skills.

This research aims to develop Muhawarah books for grade one half of one in order to improve speaking skills, with attention to aspects of the required knowledge, background and level of their language skills.

Researchers in this study used a qualitative approach-quantitative. The type of this research is included in the study "Research & Development.

The results of this study were 1) Establishment of a book muhawarah for speaking skills for students of the Madrasah Joseph abdussatar class. 2) that the book Muhawarah that was developed, the learning process has on the effectiveness and efficiency in improving speaking skills and engaging in the learning process,

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hamid, Mohammad Abdul and Smeer, Zeid B
Keywords: تطوير; التعلم التعاوني; مهارة الكلام; Development; Cooperative Learning Method; speaking skills; Pengembangan; Metode Kooperatif Learning; Keterampilan berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 19 Oct 2017 00:47
Last Modified: 28 Dec 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8333

Actions (login required)

View Item View Item