Subthi Buchori, Mohammad (2014) تقويم الخطة الدراسية لقسم تعليم اللغة العربية في كلية علوم التربية والتعليم بجامعة مولانا ماللك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (35MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber atau alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dan silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas dan penilaian hasil belajar.
Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami silabus pembelajaran keterampilan istima’ dan kalam di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kemudian mengevaluasinya dari aspek tujuan, isi, metode dan evaluasi.
Serta memahami efektifitas implementasi silabus pembelajaran di jurusan tersebut. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis evaluatif. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian untuk mendapatkan hasil atau pembahasan
terhadap sesuatu yang tidak mungkin dicapai dengan menggunakan statistik, dan pendekatan kuantitatif dijadikan sebagai data sekunder karena peneliti telah mengumpulkan data beserta prosesnya sehingga data ini menjadi pendukung dari data yang ada. Peneliti mengumpulkan data yang dihasilkan dari wawancara, observasi, dokumentasi dan juga angket. Dan proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu mendeskripsikan data kemudian mengelompokkan data dan mengambil kesimpula, dan dari proses ini semua kemudian peneliti melakukan proses evaluasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah: Pertama, bahwa penerapan silabus untuk maharah istima’ dan maharah kalam Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dari aspek tujuan, metode dan evaluasi sangat baik, akan tetapi dari aspek isi dari maharah istima’ kurang baik karena belum ada standar isi yang paten yang menjadi implementasi dari tema-tema yang telah ditentukan dalam silabus maharah istima’ sehingga isi materi tersebut masih diserahkan kepada pengajar materi tersebut. Kedua, efektifitas silabus untuk maharah istima’ dan maharah kalam jurusan tersebutsangat baik dan efektif dari aspek teori maupun penerapannya, dan mayoritas mahasiswa menyetujui hal tersebut.
Adapun buktinya yaitu mahasiswa yang menjawab “Ya” sebanyak 53%, mahasiswa yang menjawab “Kadang-kadang” sebanyak 35%, dan mahasiswa yang menjawab “Tidak” sebanyak 12% dan dari data tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa penerapan
silabus pembelajaran Jurusan Pendidikan Bahasa Arab sangat baik dan efektif.
ABSTRACT
Syllabus is learning plans at a particular group of subjects that include competence standard, basic competence, subject matter learning, learning activities, indicators, assessment, allocation of time and resources or learning tool. Syllabus an elaboration standards of competence and basic competences into the subject matter of learning,
learning activities and competence achievement indicator for the assessment.
And the syllabus is a set of plans and arrangements on learning activities, classroom management and assessment of learning outcomes. The purpose of the research is to understand the learning syllabus of listening and
speaking skill in Arabic Education Departement, Education and Pedagogy Faculty, State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang. The next step is to evaluate them
from the purpose, content, method and evaluation aspect, and then understanding the learning syllabus effectiveness of the implementation in the departement.
While, the approach which is used in the present research is qualitative quantitative approach, trough evaluative analysis. The qualitative approach is a research in order to get the result or discussion toward something that impossible to be obtained using statistical approach, and the quantitative approach is used as the secondary data which are obtained from interview, observation, documentation and questionnaire.
The data analysis uses triangulation or describe, group and conclude the data. Then, the next progress is evaluation.
The result of the study shows that: first, the syllabus application for listening and speaking skill of Arabic Education Departement, frpm the porpose, method and
evaluation aspect are excellent, but from the content aspect is worse because there are not any patent for the content standard which becomes the implementation from the given
listing skill syllabus. Thus the content of the material is depend on the teacher. Second, the syllabus effectiveness for the listening and speaking skill is excellent and effective from the theory and application aspect, and majority of the student agree with that. As the
proof, 53% of them answered “Yes”, 35% for “Sometimes” and 12% for “No”.
From the data, we can conclude that the syllabus application for the departement is excellent and effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Hadi, Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تقويم الخطة الدراسية; لقسم تعليم اللغة العربية; The Evaluation of Learning Syllabus; Arabic Education Departemen; Evaluasi Silabus Pembelajaran; Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2017 15:42 | |||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2017 15:42 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8328 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |