Yusri Afida, Fista (2014) البيئة اللغوية العربية لممارسة الكلام دراسة الحالة في معهد التربية الإسلامية الحديثة "رادين فاكو" ترنجاليك. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan lingkungan bahasa menjadi sangat penting untuk keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar Bahasa asing. Dalam hal ini lingkungan Bahasa mempunyai arti segala sesuatu yang didengar dan dilihat oleh pembelajar berkaitan dengan Bahasa target yang sedang dipelajari.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keadaan lingkungan Bahasa arab yang ada di pondok pesantren modern Raden Paku Trenggalek, (2) Mengetahui strategi yang digunakan para asatidz ataupun Pengasuhan pondok dalam membentuk lingkungan Bahasa arab, (3) Mengetahui bentuk lingkungan Bahasa arab untuk melatih berbicara siswa, dan (4) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pondok ini dalam membentuk lingkungan Bahasa arab untuk melatih berbicara siswa serta memberikan solusi atas problem yang menghambat dalam melatih berbicara siswa di pondok Raden Paku Trenggalek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Studi kasus. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan terakhir menarik kesimpulan. Untuk mengecek Validitas dan kridebilitas data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu memperpanjang keikutsertaan peneliti dalam beberapa kegiatan, observasi mendalam, triangulasi, dan diskusi dengan sejawat.
Hasil penelitian ini adalah 1) lingkungan Bahasa arab di pondok Raden Paku terdiri dari dua macam, yaitu: lingkungan formal dan lingkungan informal. 2) strategi pengembangan lingkungan bahasa arab dipondok Raden Paku sudah sesuai, yaitu dengan adanya peraturan yang jelas, kegiatan-kegiatan Bahasa yang mendukung, dan adanya asrama, akan tetapi masih perlu adanya kerjasama dan komitmen dari semua pihak baik pengasuh, asatidz, guru, dan santri untuk menciptakan lingkungan Bahasa arab yang baik dan kondusif. 3) bentuk lingkungan Bahasa di pondok ini sesuai dengan model aliran behavioris yang dilanjutkan oleh B.F. skinner dengan teori reinforcement menganggap bahwa lingkungan pembelajaran adalah cara yang efektif untuk mencapai kemahiran berbahasa, yang mana kemampuan berbahasa asing itu dipengaruhi oleh lingkungan formal dan informal dengan cara yang berbeda. 4) faktor pendukung yang memudahkan terciptanya lingkungan Bahasa arab yaitu: materi pembelajaran Bahasa arab, bagian penggerak Bahasa, program kerja yang jelas, kegiatan-kegiatan Bahasa, dan penyampaian kosakata baru setiap paginya. Adapun faktor penghambat yaitu: minimnya media pembelajaran, tidak ada konsultan Bahasa, kurangnya kesadaran dari sebagian santri untuk berbahasa arab, dan kurangnya kerjasama dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan Bahasa arab khususnya dari pihak asatidz untuk member contoh yang baik.
ABSTRACT
Language environment is one of the important aspects to the success of foreign language teaching. In this case, language environment could be defined as anything that can be heard or seen by learners related to targeted language learned.
The objectives of the research are (1) to describe language environment at Raden Paku Islamic Modern Islamic Boarding School Trenggalek, (2) to find out the strategies used by teachers to establish Arabic environment, (3) to find out language environment used to build speaking ability of students, and (4) to find out the problems faced by Raden Paku Modern Islamic boarding school in building speaking ability of students and to resolve the problems obstruct speaking ability.
The study uses qualitative approach, specifically case study. The method in data collection is interview, observation, and documentation. Data was analyzed by reduction, presentation, and drawing conclusion. To check validity and credibility of the data, writer uses some techniques such as extending writer participation in some activities, deep observation, triangulation, and peer discussion.
The results of study are (1) language environment at Raden Paku Modern Islamic boarding school is divided into two, formal environment and informal environment. (2) development strategies of Arabic environment at Raden Paku Modern Islamic boarding school is appropriate, proven with rules, supporting language activities, also dormitory for all students, but still cooperation and commitment from headmaster, teachers, and students to create a better Arabic environment is needed. (3) the form of language environment in this Islamic boarding school is in mutual accord with Behaviorism by B.F. Skinner. In his reinforcement theory, Skinner believes that learning environment is the effective way to language mastering, in which foreign language ability is influenced by formal and informal environment in different ways. (4) supporting factors facilitating Arabic environment are : Arabic teaching material, language section, fixed programs, language activities, and daily new word delivery. And those that can obstruct are: lack of teaching media, lack of language consultant, lack of student awareness about the usage of Arabic in their daily conversation, lack of cooperation from all parties to create a better Arabic environment especially from teachers that are supposed to be good example.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ainin, Mohammad and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | البيئة اللغوية العربية; ممارسة الكلام; Arabic environment; speaking ability building; Lingkungan Bahasa Arab; Melatih Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2017 15:41 | |||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2017 15:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8321 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |