تطوير مادة اللغة العربية على أساس طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة الكلام في المرحلة المتوسطة بمعهد بستان العلوم لتنجاسا-أتشيه

Balqis, Nur (2014) تطوير مادة اللغة العربية على أساس طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة الكلام في المرحلة المتوسطة بمعهد بستان العلوم لتنجاسا-أتشيه. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi bahasa Arab dengan menghasilkan produk bahan ajar bahasa Arab serta mengetahui sejauhmana efektifitas materi ajar bahasa Arab berdasarkan metode Respon Fisik Total untuk meningkatkan kemahiran berbicara di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum langsa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti juga menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono, berupa: analisis kebutuhan, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, ujicoba pemakaian, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk, dan produk masal. Adapun subjek uji coba dari penelitian ini terdiri atas 32 siswa dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan teknik analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah adanya sebuah buku ajar bahasa Arab yang baru untuk kemahiran berbicara yang disusun dengan menggunakan metode Respon Fisik Total yang terdiri atas empat judul. Adapun setiap judulnya mencakup: Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Petunjuk Khusus, kosakata, teks, qawa’id, latihan-latihan, evaluasi, daftar kosakata, dan daftar rujukan. Hasil dari validasi yang telah dilakukan oleh validator pembelajaran bahasa Arab terhadap bahan ajar ini bernilai “baik”, sedangkan hasil analisis data yang didapat melalui angket ataupun wawancara dengan guru bahasa Arab menunjukkan bahwa adanya kecocokan bahan ajar ini untuk diterapkan di MTs Bustanul Ulum Langsa dan dinilai “baik sekali”. Begitu pula penggunaan prodak bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa.

Peneliti menyarankan kepada para peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berdasarkan metode Respon Fisik Total ke dalam keterampilan berbahasa yang lain, seperti: keterampilan mendengar, membaca, dan menulis sehingga dapat memperdalam pemahaman dan kemampuan mereka dalam bahasa Arab.

ABSTRACT

This research used studies development method with qualitative and quantitative approaches. The researcher also used the research steps for developmental by Sugiono, that is: requirements analysis, data and information collection, product design, design validation, testing use, product revition, product trials, product revition and mass product. The samples of this research are 32 students and a teacher of Arabic language. The methods to collect the data used by observation, interview, and questionnaire. The analysis of the data used by content analysis technique, a descriptive analysis, and a descriptive statistic analysis.

This study result a new teaching materials to improve Speaking Skill Based on Total Physical Response method, which contain four lessons. And each lesson includes competency standart, basic competence, specific instruction, new vocabulary, text, grammar, practices, evaluation, list of vocabulary and references. The final assessment of this teaching materials developed from the validators resulted the score which means "good", and the result of data analysis obtained from the questionnaires and interview with the school that the appropriate degree of these materials for application in this institute has a score which means "very good". This result indicates that the use of teacher materials developed to help them more in the performance of speech, and materials were developed good and effective in promoting students speaking skills.

The researcher suggest that the next researchers develop the materials of another skills with the Arabic language on the basis of full physical response method for other skills: listening, reading, writing to improve students proficiency.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Dimyati, Mohammad Afifuddin
Keywords: تطوير مادة اللغة; طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة; تنمية مهارة الكلام; Development of Arabic Language Materials; Total Physical Response Method; Speaking Skill; Pengembangan Bahan Ajar; Metode Respon Fisik Total; Kemahiran Berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 09 Oct 2017 08:12
Last Modified: 22 Dec 2017 07:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item