Yul, Widiya (2014) نظرية فيجوتسكي في تعليم اللغة العربية في معهد عبد الرحمن عوف لجامعة محمّدية بمالانج: دراسة وصفية تحليلية تقويمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Arab melalui salah satu teori pemerolehan bahasa kedua mempunyai kontribusi positif dan efektif dalam mencapai kemahiran berbahasa. Teori Vygotsky merupakan salah satu dari teori pemerolehan bahasa kedua yang memiliki urgensi besar dalam menentukan kemampuan berbahasa seseorang. Namun hal itu tidak bisa terlepas dari bagaimana seorang guru menerapkannya dalam pembelajaran. Dalam hal ini, Dosen Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf menerapkan dan mempraktekkan teori tersebut dalam pembelajaran bahasa arab khususnya dalam bidang study Ta’bir Syafahi untuk membantu meningkatkan kemahiran berbahasa arab. Oleh sebab itu diperlukan penelitian ilmiah untuk mengevaluasi teori tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menemukan cara pembelajaran Ta’bir Syafahi dengan menggunakan teori vygotsky oleh dosen serta efektifitas mahasiswi dengan penerapan teori tersebut. Disamping itu tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kualitas teori Vygotsky dalam pemerolehan bahasa arab pada mata kuliah ta’bir syafahi dalam mencapai kemahiran berbahasa khususnya kemahiran berbicara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui deskriptif implementasi teori vygotsky dalam pembelajaran Ta’bir Syafahi di Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf Malang Jawa Timur.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara (interview) terhadap pimpinan Ma’had, Dosen dan Mahasiswi yang bertujuan untuk mengumpulkan data tentang teori pembelajaran tersebut. Dan untuk mengetahui kualitas teori vygotsky dalam pembelajaran bahasa arab pada mata kuliah ta’bir syafahi peneliti menggunakan hasil ujian ta’bir syafahi mahasiswi Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf.
Hasil dari Penelitian ini adalah: 1) pembelajaran dengan menggunakan implementasi dari teori Vygotsky pada mata kuliah ta’bir syafahi secara umum sangat efektif untuk meningkatkan kemahiran berbahasa mahasiswi di Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf walaupun masih terdapat beberapa permasalahan yang harus diperbaiki, dengan harapan dapat menyempurnakan pembelajaran mata kuliah ta’bir syafahi dalam memperoleh kemahiran berbicara bahasa arab. 2) dan hasil evaluasi kualitas teori vygotsky dalam meningkatkan kemahiran berbahasa arab mahasiswi pada mata kuliah ta’bir syafahi adalah 83% (baik sekali) dan nilai rata-rata Mahasiswi adalah 25 (cum laude). hal ini menunjukkan bahwa implementasi teori vygotsky sesuai untuk diterapkan di Ma’had Abdurrahman bin ‘auf.
ABSTRACT
Learning Arabic through a second language acquisition theory has a positive contribution and effective in achieving the proficiency. Vygotsky's theory is one of the theories second language acquisition, that have great importance in determining a person's ability to speak. But it can not be separated how lecture to apply them in the learning. In this case, Lecturer Ma'had Abdurrahman bin 'Auf apply the theory and practice in learning Arabic particularly in the field of study Ta'bir syafahi to help improve the Arabic language proficiency. Therefore, scientific research is needed to evaluate the theory.
Based on this study aims to evaluate and find a way of learning Ta'bir Syafahi using Vygotsky's theory by lecturer and effectiveness of the student with the application of the theory. This research also aim to find the quality of Vygotsky's theory in the Arabic language acquisition the course ta'bir syafahi in achieving proficiency especially speaking skills.
This study uses a qualitative approach which aims to determine the quantitative descriptive implementation Vygotsky is theory of learning in Ta'bir Syafahi in Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf. In this study, the data collection technique used by the researchers is the interview the principal, lecture and student to aim quality Vygotsky is theory in learning Arabic the course ta’bir syafahi.
The result of this research is; 1) the learning trough implementation Vygotsky is theory the course ta’bir syafahi effective to improve student proficiency in Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf although there are still some problems that need to be fixed, with the hope to enhance learning courses ta’bir syafahi acquiring proficiency in spoken Arabic 2) and the results of the evaluation of the quality of Vygotsky's theory in improving student proficiency in Arabic language course ta’bir syafahi is 83 % (very good) and the value of the average student is 25 (cum laude). this suggests that the implementation of Vygotsky's theory suitable for application in
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Hadi, Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم اللغة العربية; نظرية فيجوتسكي; Arabic teaching; Implementation Vygotsky’s theory; Pembelajaran Bahasa Arab; Implementasi teori Vygotsky | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2017 15:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |