تطوير كتاب القراءة الرشيدة لتنمية مهارة القراءة بالتطبيق علي طلبة معهد صلاح الدين جايو لويس أتشيه

Sarniadinar, Sarniadinar (2014) تطوير كتاب القراءة الرشيدة لتنمية مهارة القراءة بالتطبيق علي طلبة معهد صلاح الدين جايو لويس أتشيه. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan kitab al-qiro’ah al-rasyidah untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas 2 di Pondok Pesantren Shalahuddin Gayo Lues Aceh. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan (1) Bagaimana karakteristik pengembangan kitab al-qiro’ah al-rasyidah bagi siswa kelas 2 di Pondok Pesantren Shalahuddin Gayo Lues Aceh. (٢) Sejauh mana efektifitas kitab al-qiro’ah al- rasyidah dalam meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas 2 di Pondok Pesantren Shalahuddin Gayo Lues Aceh.

Penelitian ini menggunakan metode R&D, yaitu penggunaan metode penelitian untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dan mengujikannya, sedangkan model rancangannya menggunakan model pengembangan yang dipelopori oleh Sugiyono.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Adapun karakteristik kitab al-qiro’ah al- rasyidah yang dikembangkan adalah petunjuk bagi guru, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, menampilkan kosa kata baru dengan gambar, penulisan cerita dengan gambar yang mendukung, latihan-latihan, ringkasan aturan bahasa, dan permainan (2) Para pakar memberikan nilai kelayakan produk bahan ajar dari sisi materi dan bahasa dengan nilai 84 % yang berarti produk tersebut layak untuk diterapkan. Sedangkan dari sisi desain produk tersebut diberi nilai 67% yang berarti produk ini juga baik digunakan dengan beberapa revisi sederhana. Efektifitas produk tersebut terlihat dari hasil pre test dan post test siswa yang diuji melalui uji t. Dari hasil uji t diperoleh nilai 6,982 dengan df 29. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t0 lebih besar dari t tabel, yaitu dengan nilai 2,045 pada kolom 5% dan nilai 2,756 pada kolom 1%. Hal ini di dukung oleh hasil angket respon yang diberikan peneliti kepada siswa yang menunjukkan bahwa produk ini juga meningkatkan semangat belajar siswa dalam belajar muthola’ah dengan menggunakan kitab al-qiro’ah al-rasyidah yang telah dikembangkan, yaitu 86,1% dari siswa mengungkapkan bahwa buku yang dikembangkan telah meningkatkan semangat belajar mereka dalam belajar dan membaca, dan 86% dari angket yang diberikan kepada guru mengatakan bahwa kitab al-qiro’ah al-rasyidah yang telah dikembangkan sangat membantu siswa dala m membaca.

ABSTRACT

The purpose of this research is to develop al-Qiraah al-Rasyidah Book at second class of beginner level in Shalahuddin Islamic Boarding School at Gayo Lues, Aceh. This research will answer the questions (١) How the characteristics of al-Qiraah al- Rasyidah Book development at second class of beginner level in Shalahuddin Islamic Boarding School at Gayo Lues, Aceh (٢) The extent to wich the effectiveness from al- Qiraah al-Rasyidah Book facilitate the students to incrase of reading skillat second class of beginner level in Shalahuddin Islamic Boarding School at Gayo Lues, Aceh.

This research uses Research and Development Method, a method the aims to produce a certain product and experiment it. Where as the model design uses development model which was pioneered by Sugiyono.

The result of this research is: (1) The characteristics of al-Qiraah al-Rasyidah Book development are the instruction for teacher, competention standart, indicator, The new vocabulary with photograph picture, write of stories with match picture, the exercises, the grammer of arabic language, and games. (٢) The expert gived values for suitable product is of material aspect and language is 84 %, the mean this product is proper to apply. Where as for design asperct, gived the expert 67 %, the mean thisproduct is proper to apply after correctives. The effectiveness this product looked from pre test values and pos test values of students with t test. The values of t test is 6,982 with df 29. This values is showed an the value of t0 greater from t table, that is with value 2,045 in column 5% and value 2,756 in column 1%. This regard is supported by result of response questionnaire who given researcer to student. The response showed this product is increase enthusiasm for learning of students in al-Qiro’ah al- Rasyidah Book, that is 86,1% of student says an the book developedis increase enthusiasm for learning of students in al-Qiro’ah al-Rasyidah Book, and 86% from questionnaire of theacher say developed of al-Qiro’ah al-Rasyidah Book increase students to reading skill.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Jauhar, Nasaruddin Idris
Keywords: تطوير كتاب القراءة الرشيدة; مهارة القراءة; Development of al-Qiraah al-Rasyidah Book; Reading Skill; Pengembangan Kitab al-Qiraah al-Rasyidah; Keterampilan Membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:51
Last Modified: 28 Dec 2017 07:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item