التحول اللغوي لدى مدرسي اللغة العربية وأثره فى تعليم مهارة الكلام: دراسة حالة معهد نور الحكيم بكديري لومبوك الغربية

Farihin, Farihin (2014) التحول اللغوي لدى مدرسي اللغة العربية وأثره فى تعليم مهارة الكلام: دراسة حالة معهد نور الحكيم بكديري لومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alih kode adalah beralihnya satu kode bahasa dari bahasa 1 ke bahasa 2,dan alih kode merupakan praktek yang umum oleh masyarakat dwi bahasa dan demikian juga halnya oleh guru yang sedang mengajar bahasakedua. Penggunaan alih kode dalam pengajaran bahasa masih tetap jadi perdebatan, pihak yang yang tidak setuju dengan penggunaan alih kode mengharapkan agar guru selalu menggunakan bahasa sasaran dalarn interaksi belajar mengajar.

Pendukung penggunaan alih kode berpendapat bahwa praktek alih kode tidak perlu dihindari karena itu adalah suatu hal yang biasa terjadi. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui apakah alih kode juga sering terjadi di di pondok pesantren Nurul hakim Kediri Lombok Barat, karena Pondok pesantren tersebut adalah salah satu pondok bahasa yang mengutamakan bahasa kedua. Inilah yang menjadi latarbelakang pemilihan judul penelitian ini karena dilihat dari beberapa pendapat tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui apakah faktor yang melatar belakangi terjadinya alih kode pengajar bahasa Arab pada pembelajaran maharah kalam. (2). Untuk mengetahui bagaimanakah pendapat para siswa tentang adanya alih kode dalam pembelajaran maharah kalam. (3). Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh alih kode dalam pembelajaran maharah kalam.

Metode peneltian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, di bantu dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Milles danHuberman.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1.Faktor yang menyebabkan alih kode adalah: Faktor Ekstern dan faktor Intern. 2. Pendapat siswa tentang alih kode: (a). lebih memahami penjelasan guru. (b). lebih semangat belajar. 3. Pengaruh alih kode dalam pembelajaran maharah kalam: sekitar 70% siswa tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab baik dikelas maupun di lingkungan pondok. Dengan adanya alih kode siswa menjadi malas mencari makna kosa kata maupun kalimat yang sulit, karena mereka selalu menunggu penjelasan dari guru.

ABSTRACT

Code switching is substituting from L1 to L2 during communication. It is commonly used by bilingual society is well as Arabic teachers when the teach. Additionally, code switching can be achieved to enrich communication comprehension, yet is still on discussion. The disagree side expect that Aerabic teacher should always apply the target language on their teaching and learning interaction. The other states that code switching is commonly used and shoult not be avoided.

The objectives of the research: (1). To identify the factors of using code switching by Arabic teacher on speaking comprehension learning. (2). To investigate students’ opinion using code switching on speaking comprehension learning. (3). To understand the influence of code switching on speaking comprehension learning.

The reasearch use descriptive analysis research method and qualitative approach. The data collected by observation, interview, and documentation.

The result of the research point out: (1) Intern and Extern factors and the reason of using code switching. (2) Student’ opinion about code switching: (a) The students gain teacher explanation well through code switching, but the can not communicate Arabic language. (b) The students get more enthusiasm through code switching. (3) The influence of Arabic teacher code switching: because of code switching approximately 70% students are not able to communicate well either in classroom or in boarding school area. Due to the code switching, the students be lazy to find out difficult word or sentence since the depend on teachers’ explanation.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyati, Mohammad Afifuddin and Bahruddin, Uril
Keywords: التحول اللغوي; مدرسي اللغة; مهارة الكلام; Code Switching; Arabic Teacher; Speaking Comprehension; Alihkode; pengajar bahasa Arab; maharah kalam
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:57
Last Modified: 22 Dec 2017 07:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item