منهج تعليم اللغة العربية في معهد عبد الرحمن بن عوف بجامعة محمدية مالانج: دراسة وصفية تحليلية تقويمية

Aflisia, Noza (2014) منهج تعليم اللغة العربية في معهد عبد الرحمن بن عوف بجامعة محمدية مالانج: دراسة وصفية تحليلية تقويمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammadiyah Malang menjawab realita di masyarakat dimana banyaknya siswa yang mengaku lulusan dari sekolah yang di ajarkan bahasa Arab, tetapi mereka tidak mampu memahami bahasa Arab dengan baik, secara lisan maupun tulisan. Karena di sekolah formal mereka mempelajarinya secara terpaksa dikarenakan bahasa Arab bagian dari Mata Pelajaran wajib sekolah. Sedangkan Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammadiyah Malang mengajarkan bahasa Arab hanya kepada siapa yang berkeinginan untuk memahami bahasa Arab dan kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum yang diterapkan di LIPIA Jakarta. Penelitian ini memfokuskan hanya pada Ma’had Putri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammadiyah Malang? (2) Bagaimana kesesuaian kurikulum Bahasa Arab di Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammadiyah Malang dengan penerapannya di dalam proses pembelajaran?.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang ada di Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammadiyah Malang, dan kesesuaiannya dengan penerepan dalam proses pembelajaran.

Metode deskriptif analitik evaluatif digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan pendekatannya adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah berasal dari dokumen-dokumen, direktur, para ustadzah dan siswi ma’had abdurrahman bin ‘auf malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Universitas Muhammdiyah Malang adalah menghasilkan peserta didik yang menguasai kemahiran berbahasa Arab aktif dan juga mampu memahami Al-Qur’an dan Hadits. Pembelajaran bahasa Arab terdiri dari sepuluh mata pelajaran yaitu Bahasa Arab, Tadribat, Ta’bir Syafahi, Ta’bir Tahriri, Ashwat, Imla’ Khat, Qira’ah, Qawaid, Balaghah dan Adab. Metode yang digunakan yaitu Metode Mubasyarah, Qawa’id dan Tarjamah, Ittishaliyah, Sam’iyah Bashariyah, Qiro’ah, Sual wa Jawab, dan Kitabah. Media pembelajaran menggunakan papan tulis, spidol dan buku pembelajaran serta kadang menggunakan televisi pada waktu tertentu. Evaluasi yang digunakan adalah tes penempatan kelas, ujian tengah semseter dan ujian akhir semester, selain itu ada evaluasi setiap akhir pembelajaran suatu materi. Adapun kesesuaian antara kurikulum ma’had dengan penerapannya dalam proses pembelajaran secara umum sudah berjalan sebagaimana mestinya, seperti halnya materi, metode dan evaluasi bahkan dari sisi tujuan mengalami pengembangan. Namun belum sepenuhnya berjalan dengan sempurna dari sisi media, karena masih ditemukan ketidak sesuaian sarana yang ada dalam kurikulum akan tetapi tidak ditemukan dalam pembelajaran.

ABSTRACT

Ma'had Abdurrahman bin ' Auf Muhammadiyah University of Malang gave the answer to reality in a society where the students who claim that they are graduates of the school who taught Arabic, but they are not able to understand Arabic well, both orally and in writing. Because in formal school they learn Arabic forcibly and its compulsory subjects the school. And Ma'had Abdurrahman bin 'Auf Muhammadiyah University of Malang teach Arabic language effective only to anyone who has a desire to understand the Arabic language and the curriculum used in this Ma'had was referring to the curriculum applied in LIPIA Jakarta. To focus the study only on Ma'had daughter.

Problem statement of this research is (1) How Arabic curriculum in Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Muhammadiyah University Malang? (2) How suitability Arabic ccurriculum in this Ma'had with its application in the learning process?.

This research purposed to analysis and evaluation the Arabic curriculum in Ma'had Abdurrahman bin 'Auf Muhammadiyah University Malang, and the suitability arabic curriculum in this Ma'had with its application in the learning process.

Descriptive, analytic and evaluative methods used in this study. While the approach is qualitative. The data source of this study is derived from the documents, the director, the cleric and student ma'had Abdurrahman bin 'Auf Muhammadiyah University Malang. The research instruments used in this study are the interviews, observations and documents.

The results of this study indicate that the Objective of Arabic learning in Ma'had Abdurrahman bin 'Auf Muhammadiyah University of Malang is produce the students master the Arabic language active and understand of the holy Qur’an and Hadith. Materials of Arabic learning is ten subjects: Arabic Language, Tadribat, Ta’bir Syafahi, Ta’bir Tahriri, Ashwat, Imla’ Khat, Qira’ah, Qawaid, Balaghah dan Adab. Methods of Arabic learning: Mubasyarah, Qawa’id dan Tarjamah, Ittishaliyah, Sam’iyah Bashariyah, Qiro’ah, Sual wa Jawab, dan Kitabah. Media of Arabic learning is white board, marker, text book, and sometimes with television. Evaluation of Arabic learning is placeman test, mid tes and final exam and evaluation each end of the lesson. And as for the match between curriculum ma'had with its application in the learning process in general are running as it should, as well as materials, methods and evaluation of even the experienced development objectives. But not completely worked perfectly from the media, because they found discrepancies in the curriculum means that there will be but is not found in the learning process.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Wargadinata, Wildana and Al-Bari, Nur Hasan Abdul
Keywords: منهج; تعليم اللغة العربية; Curriculum; Arabic Learning; Kurikulum; Pembelajaran Bahasa Arab
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:59
Last Modified: 28 Dec 2017 06:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item