Muslihudin, Muslihudin (2014) تطوير المنهج الدراسي لمادة مهارة الكلام حسب المواقف للمستوى المبتدئ: بحث تطويري لتلاميز معهد دار الفلاح الإسلامي باتو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12720046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Terdapat permasalahan mendasar didalam kegiatan pengajaran materi kemahiran berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Falah Al-Islami; masalah tersebut bersumber dari tidak adanya ketersediaan desain kurikulum untuk pengajaran materi kemampuan berbicara bahasa Arab.
Berdasarkan permasalahan sebagaimana yang disebutkan dimuka maka penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi mendesain kurikulum dengan landasan kurikulum situasional untuk tingkat pemula yang diharapkan akan meningkatkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa dan tujuan pendidikan pondok pesantren Darul Falah Al-Islami Batu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R and D), dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif kuantitatif. Dengan langkah penelitian sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan situasional siswa dalam pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab, 2) validasi dan uji efektifitas desain kurikulum, 3) validasi dan uji validasi terhadap desain kurikulum, 4) perbaikan desain kurikulum.
Berdasarkan hasil uji coba produk kepada dua orang ahli desain kurikulum diperoleh data validasi 88% dan 77% dengan kualifikasi “sangat baik” dan “baik”. Sedangkan dari hasil uji coba produk di lapangan kepada pimpinan pondok dan seluruh guru pengajar kemahiran berbicara bahasa Arab untuk mengetahui tingkat validitas penerapan produk diperoleh data persentase antar 65,2%-100% dengan kualifikasi “diterima”. Sehingga berdasarkan data uji coba tersebut desain kurikulum pengajaran materi kemampuan berbicara bahasa arab berdasarkan situasional untuk tingkat pemula di pondok pesantren Darul Falah Al-Islami valid untuk di terapkan, mempunyai kelebihan pada unsur-unsur pembentuk kurikulum ini yang dibangun berdasarkan analisis kebutuhan situasional dan diorganisir secara logis terfokus pada materi kemahiran berbicara bahasa Arab.
ABSTRACT
There is a fundamental problem in the teaching activities of the Arabic speaking skills material in Darul Falah Islamic boarding school; The problem comes from the lack of availability of design curriculum materials for teaching Arabic speaking skills.
So the purpose of this study is to address the lack of curriculum as mentioned previously based on curriculum design of situational syllabus for beginner to improve the learning activies become better that is fit for purpose of language learning and Darul Falah Islamic Boarding purpose.
The type of this study is research and development, by using a qualitative and quantitative descriptive analysis approach. The steps following research: 1) students needs analisis in arabic materials lesson speech based on situasioanl syllabus, 2) mendesain kurikulum berdasarkan situasional untuk siswa tingkat pemula, 3) validation and validation test of curriculum design, 4) curriculum design correction.
Based on trial results product to two curriculum design expert validation data obtained 88% and 77% with qualification "excellent" and "good". While the results of product testing in the field to the leader of Islamic boarding school and teachers of Arabic speaking skills to determine the validity of the application of the products obtained by the percentage of data between 65,2% -100% with a qualifying "acceptable". So based on the data experiment of the Curriculum Development of Speaking Skill Based Situational Material For Beginner in boarding school in Al-Falah Islamic Darul valid to be applied, has the advantage on the constituent elements of the curriculum that builds upon the situational and needs analysis organized logically focused on Arabic speaking skills matter.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Rofiq, Aunur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تصميم; المنهج الدراسي; المواقف; المستوى المبتدئ; design; curriculum; situational; beginner; desain; kurikulum; situasional; tingkat pemula | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2017 14:59 | |||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2017 14:59 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8261 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |