تصميم منهج تعليم اللغة العربية المتعدد الأبعاد للمكفوكين: بحث تطويري في مؤسسة "عائشية" التكاملية فونوروكو جاوى الشرقية

Busro, Muhammad (2014) تصميم منهج تعليم اللغة العربية المتعدد الأبعاد للمكفوكين: بحث تطويري في مؤسسة "عائشية" التكاملية فونوروكو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12720043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum adalah sesuatu yang penting dalam kegiatan belajar mengajar, kurikulum mencakup pengetahuan dan pengalaman untuk disampaikan kepada peserta didik di dalam maupun di luar kelas dengan bentuk materi dan keterampilan yang beragam. Akan tetapi di Panti Asuhan Aisyiyah Ponorogo belum terdapat kurikulum untuk pembelajaran bahasa Arab. Untuk membantu memberikan solusi tentang masalah ini, peneliti bermaksud mendesain kurikulum bahasa Arab untuk peserta didik yang tunanetra di panti asuhan ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain kurikulum pembelajaran bahasa Arab untuk tunanetra berbasis kurikulum multidimensional di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu “Aisyiyah” Ponorogo dengan memperhatikan kompetensi dan kebutuhan peserta didik.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metodologi ini digunakan untuk menghasilkan produk serta uji coba efektifitasnya.

Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, Perancangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab untuk tunanetra berbasis multidimensional menghasilkan kurikulum yang mencakup tujuan, materi, pengorganisasian, dan evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik baik segi kemampuan dan lingkungan mereka. Dalam merancang kurikulum ini peneliti melakukan analisis tujuan pembelajaran dari pimpinan dan tenaga pendidik bahasa Arab di Panti. Selain itu, peneliti juga melekukan analisis kebutuhan materi dan tema pembelajaran dari peserta didik dan para pengajar. Dengan hal itu, kurikulum yang di desain berbasis multidimensional secara umum layak untuk diterapkan di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu “Aisyiyah” Ponorogo.

ABSTRACT

The curriculum is something that is important in teaching and learning, the curriculum covers the knowledge and experience to be delivered to students inside and outside the classroom to form a variety of materials and skills. But In Integrated Blind Orphanage “Aisyiyah” Ponorogo there is no curriculum exist for Arabic Language Learning. So to fix this problem, researcher intend to design a curriculum for Arabic language learners are blind in this orphanage.

This study aims to design a curriculum of learning Arabic for the blind based on a multidimensional curriculum in this orphanage by taking notice the competence and needs of learners.

The research methodology used in this study is the research and development (R&D). The methodology used to produce and test its effectiveness of the product curriculum.

The results of this study are Arabic learning curriculum design for the blind based multidimensional includes goals, material, organization, and evaluation in accordance with the needs of learners both in terms of ability and their environment. In designing this curriculum researcher conducted an analysis of the learning objectives from leader and educators Arabic language at the Orphanage. In addition, researcher also indent the material and theme analysis of learning needs of the learners and the teachers. In addition, the researcher also analyzed the material needs and the theme of learning from the learners and the teachers. then, design curriculum based multidimensional valid to apply In Integrated Blind Orphanage “Aisyiyah” Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Soleh, Syuhadak
Keywords: تصميم; منهج; تعليم اللغة العربية; المكفوكين; Design; Curriculum; Arabic Language Learning; The Blind; Desain; Kurikulum; Pembelajaran Bahasa Arab; Tunanetra
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:59
Last Modified: 04 Oct 2017 07:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item